Agam,-Warga Pulai Mato Aia, RK 05 Nagari Persiapan Sungai Jariang, Kecamatan Lubuk Basung, menggelar goro membersihkan irigasi yang ada di daerah itu, Minggu (29/11).

Wali Nagari Persiapan Sungai Jariang, Mairizal mengatakan, kegiatan ini dalam rangka mengantisipasi terjadinya banjir.

“Alhamdulillah, tingkat kepedulian masyarakat Pulai Mato Aia cukup tinggi, lebih kurang 70 orang ikut dalam kegiatan ini,” ujarnya.

Dijelaskan, kondisi irigasi yang terus mengalami kedangkalan, menyebabkan terjadinya banjir setiap turun hujan.

“Oleh sebab itu, kami bersama masyarakat, menggelar gotong royong menggali dan membersihkan saluran irigasi tersebut, lebih kurang sepanjang 1,5 kilometer,” jelasnya.

Selain itu, pihaknya juga berencana, kedepannya akan memasukkan ikan di saluran irigasi tersebut, dan dijadikan sebagai ikan larangan yang dikelola oleh pemuda setempat.

“Alhamdulillah, rencana ini mendapatkan respon baik dari Pemda Agam, melalui dinas terkait, akan memberikan bantuan bibit ikan sebanyak 2 kantong,” tambahnya.

Mairizal mengucapkan terimakasih kepada Pemkab Agam atas bantuan bibit ikan yang diberikan.

“Karena, dengan dijadikannya saluran irigasi ini sebagai tempat ikan larangan, maka saluran ini dapat dikelola dan dirawat dengan baik. Sehingga tidak terjadi banjir lagi, serta hasil dari ikan larangan ini nantinya, juga akan dimanfaatkan untuk keperluan dan kepentingan bersama dalam membangun nagari kedepannya,” harapnya. (BJR)