Agam, -Nagari Panta Pauh dipilih menjadi nagari percontohan di Kecamatan Matur pada pelaksanaan Kesatuan Gerak PKK KB dan Kesehatan tingkat Kabupaten Agam tahun 2020.

Camat Matur, Edo Aipa Pratama, via ponsel, Sabtu (17/10) mengatakan, dipilihnya Nagari Panta Pauh sebagai nagari percontohan di Kecamatan Matur, karena daya dukung masyarakatnya yang cukup tinggi dalam menunjang kegiatan Kesatuan Gerak PKK KB dan Kesehatan.

“Sehingga dinilai mampu menjadi motor penggerak partisipasi bagi semua pihak dan menjadi wadah pembinaan bagi instansi pemerintah serta organisasi kemasyarakatan lainnya,” katanya.

Selain itu, terangnya, Nagari Panta Pauh cukup perhatian dalam bidang kesehatan, kebersihan, lingkungan dan Keluarga Berencana (KB). Hal ini dapat dilihat dari berbagai program yang dikembangkan masyarakat menuju hidup sehat.

“Maka berdasarkan kesepakatan bersama di tingkat kecamatan kita pilih Panta Pauh menjadi percontohan,” ujar camat.

Ia menjelaskan, tema yang diusung dalam kegiatan Gerak PKK KB Kesehatan itu adalah “Dengan Kesatuan Gerak PKK KB Kesehatan, Kita Perkuat Program Bangga Kencana di Kampung KB pada Masa Adaptasi Kebiasaan Baru”.

Menurutnya, dengan menjadi nagari percontohan pihaknya juga berharap kegiatan masyarakat nagari dalam upaya mendukung program pemerintah dapat berjalan sesuai harapan terutama capaian program perilaku hidup bersih dan sehat. (BJR)