Kayutanam, CanangNews – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Padang Pariaman Zulnaidi SH membuka kegiatan bimbingan teknis (bimtek) penyegaran komitmen profesionalitas dan integritas kepada Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) terkait Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2020. Kegiatan ini bertempat di ruang pertemuan Anai Resort Kayutanam, Selasa (27/10/2020) pagi, diikuti oleh Anggota PPK Divisi Hukum dan Divisi Sosialisasi yang berjumlah 34 orang dari 17 kecamatan dengan tetap menerapkan protokol covid-19.

Ketika memberi pengarahan, Ketua KPU Zulnaidi menyatakan, tujuan kegiatan ini untuk menyegarkan kembali komitmen penyelenggara di tingkat kecamatan tentang penting dan mulianya tugas penyelenggaraan pilkada. “Tugas ini harus dilaksanakan dengan penuh integritas dan profesionalitas untuk menyukseskan Pilkada 2020 dan terbangunnya kepercayaan masyarakat kepada hasil pilkada,” ujarnya.

Kegiatan ini, lanjut dia, sekaligus sebagai evaluasi kinerja dan proyeksi program sosialisasi yang musti ditingkatkan mengingat pilkada hanya tinggal 43 hari lagi menuju 9 Desember 2020 (hari pencoblosan) sebagai puncak tahapannya. Untuk itu, ia meningatkan seluruh jajaran PPK agar memperkuat soliditas dan komitmen dengan cara membenahi pola koordinasi, komunikasi dan layanan di tingkat Panitia Pemungutan Suara (PPS) pada masing-masing PPK.

Zulnaidi juga meminta seluruh PPK dan PPS juga melakukan kegiatan yang sama di tingkat kecamatan dan nagari dengan melibatkan seluruh jajaran sekretariat supaya terbangun lembaga yang solid dan dipercaya dengan kemampuan maksimal mengemban tugas negara ini.

Kegiatan berupa bimbingan teknis ini diisi dengan beberapa materi yang langsung diberikan oleh Komisioner KPU, di antaranya: Penguatan Komitmen Integritas oleh Dewi Aorora; Peningkatan Program Kegiatan Sosialisasi Pilkada oleh Erik Eksrada serta Pendayagunaan Media Sosial (Medsos) oleh Ory Sativa. Kegiatan ditutup dengan pembacaan komitmen kembali tentang integritas, profesionalitas dan independensi PPK dan penandatanganan komitmen tersebut.

“Kami siap menyelenggarakan pilkada yang jujur dan adil dengan semangat penuh integritas, profesionalitas dan independensi sesuai peraturan perundang-undangan dan kode etik yang berlaku demi menyukseskan Pemilihan Gubernur - Wakil Gubernur Sumatera Barat dan Bupati - Wakil Bupati Padang Pariaman Tahun 2020,” demikian komitmen itu menggema di ruang rapat Anai Resort tersebut. (ZT)