III Koto Amal, CanabgNews -- Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana  (DPPKB) Kabupaten Padang Pariaman dr H Aspinuddin beserta jajaran terkait melakukan pembinaan terhadap Kelompok BKR (Bina Keluarga Remaja) yang berlokasi di Kampung KB Baringin, Nagari III Koto Aur Malintang, Kecamatan IV Koto Aur Malintang,  Rabu, (21/10/2020) .Kegiatan ini diikuti oleh keluarga yang memiliki anak-anak usia remaja, serta lintas sektor yang peduli terhadap remaja.

Pada kesempatan itu, Dokter Jimi (sapaan Aspinuddin) mengungkapkan, permasalahan remaja merupakan permasalahan kompleks, mulai dari jumlahnya yang cukup besar hingga permasalahan seputar kesehatan reproduksi, pernikahan dini, dan perilaku seks pranikah, serta penyalahgunaan napza. (narkotika, psikotropika dan zat adiktif lainnya). 

Menghadapi permasalahan tersebut, lanjut dia, DPPKB giat melakukan Pembentukan Pusat Informasi dan Konseling Remaja ( PIK-R) dengan pendekatan pada Remaja dan melalui orangtua dengan pembinaan dan pengembangan Kelompok BKR.

BKR merupakan suatu wadah kegiatan yang beranggotakan keluarga yang mempunyai remaja usia 10-24 tahun dan belum menikah.

Melalui Kegiatan ini, ulas dr H Aspinuddin, ia berharap mampu membantu orangtua dalam memahami remaja, permasalahan remaja, dan cara berkomunikasi dengan remaja. Sebab, orangtua berperan penting sebagai agent of control bagi perilaku remaja.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kasi Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga, PKB Kecamatan, Staf KB Kecamatan, WaliNagari III Koto Aur Malintang, Tokoh Pemuda, Kader KB, Keluarga Remaja dan Lintas Sektor Peduli Remaja. (Nur Octavia Syamsul/ZT)