PESISIR SELATAN -- Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni memukul gong pertanda resmi pembukaan Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke -109 tahun 2020, pembukaan TMMD kali ini digelar secara protokol kesehatan dihadiri Kasrem 032/Wbr Kol.Inf Amrizen,SE. dan Kasiter Kasrem 032/Wbr Kol. Kav. Husnizon S. Serta Kasatgas TMMD ke -109 tahun 2020,  Letkol Inf. Gamma Artadila Sakti.



Pembukaan yang diadakan di gedung PCC Painan, Selasa (22/9) pukul 10.30 Wib juga dihadiri Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Sumbar, Syafrizal Ucok, Kajari Pessel Donna Rumiris Sitorus, SH, M.Hum, Kapolres diwakili Wakapolres Kompol Taufik Isra, Sekda Pessel Ir. Erizon, serta Kepala OPD.



Dalam laporanya Kasatgas TMMD Ke - 109 tahun 201 juga Dandim 0311 Pessel, Letkol Inf. Gamma Artadila Sakti menyampaikan, tujuan dari TMMD Ke -109 tahun 2020 dalam rangka membantu Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan percepatan pembangunan infrastruktur daerah, baik fisik maupun non fisik.



"Ini adalah bentuk kemanungalangan TNI dan Masyarakat dan Forkopimda," tegas Gamma.



Pelaksanaan TMMD Ke -109 tahun 2020 dimulai dari hari ini hingga tanggal 21 Oktober 2020 mendatang, untuk fisik pembukaan panjang jalan yang dibuka dari titik 0, Nagari Pancung Taba ke Kampung Dilan sepanjang 3,7 Km, sedangkan panjang jalan dari Kampung Dilan ke Limau Gadang sepajang 4,2 Km.



Dan kegiatan bedah rumah dari Baznas Kabupaten Pessel 5 unit, BPMDP Sumbar 5 Unit, serta bibit pohon sebanyak 500 batang dari Dinas Holtikultural Provinsi Sumbar.



"Untuk Non Fisik, kegiatan penyuluhan hukum, sosialiasi Kamtibmas, dan kegiatan keagamaan lainya," terang Kasatgas.



Kasatgas menghimbau pada 150 orang anggota dilibatkan dalam pelaksanaan TMMD ke -109 tahun 2020 bisa beradaptasi dengan lingkungan, dan tetap memperhatikan protokol kesehatan, serta Adaptasi Kebiasaan Baru (ABK).



Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni dalam kata sambutnya, pelaksanaan TMMD ke -109 tahun 2020 ini sebagai momentum berharga dalam mengangkat kesehjateraan masyarakat di Pesisir Selatan.



Selain tugas pokok mempertahankan NKRI, TNI juga ikut berperan dalam membantu pembangunan didaerah, seperti pelaksanaan TMMD diadakan Kodim 0311 Pessel.



Diterangkan Hendrajoni, TMMD ini sasaran untuk membantu peningkatam infrastruktur dilokasi tertinggal, terisolir, dan terpencil untuk menuju daerah berkembang.



TMMD, ini juga bentuk dari Nawacita Presiden RI Joko Widodo pembangunan dari daerah terpencil.



Bupati berharap pada pelaksanaan TMMD bisa berjalan maksimal sebagaimana yang diharapkan, sesuai tema "TMMD Pengabdian Untuk Negeri" dan sebagai motivasi dan inspirasi membantu Pemkab Pessel percepatan daerah, Makmur dan Sehjatera, "TMMD Kemanunggalan TNI dan Masyarakat, Pemkab Pessel dan Forkopimda," ujarnya.



Kedepan apa telah dilaksanakan oleh Kodim 0311 Pessel akan dilanjutkan oleh Pemkab Pessel.



Sedangkan Kasrem 032/Wbr Kol.Inf Amrizen,SE. pada media berpesan pada seluruh anggota bertuga selama pelaksanaan TMMD Ke -109 tahun 2020 Kodim 0311 Pessel agar ikut mensosialisasikan pelaksanaan Adaptasi Kebiasan Baru (AKB) pada masyarakat, khususnya dalam penanganan percepatan Covid -19.



"Kita berharap TMMD kali ini bisa mendapatkan hasil maksimal, dalam membantu pemerintah daerah, Pesisir Selatan," terang Kasrem.



Dan, anggota bertugas harus bisa memberikan contoh pada masyarakat, ikut menerapkan protokol kesehatan.



Sementara itu Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Sumbar, Syafrizal Ucok, BPMDP Provinsi Sumbar sangat mendukung penuh pelaksanaan TMMD Ke -109 tahun 2020 Kodim 0311 Pessel, di Nagari Pancung Taba, Kecamatan Bayang Utara.



Pada TMMD kali ini, Syafrizal Ucok membantu RTLH sebanyak 5 unit dengan total anggaran 75 juta. Serta bantuan bibit sebanyak 500 batang dari Dinas Holtikultura Sumbar.



"Kita berharap, TMMD ini benar bisa membantu masyarakat dalam peningkatan Ekonomi dan infrastrukur serta SDM masyarakat," ujarnya.



Pada kesempatan itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Sumbar, Syafrizal Ucok, menyerahkan secara simbolia beberapa bantuan dari BPMKB Provinsi Sumbar ke Kasatgas TMMD Ke -109 tahun 2020. Acara dilanjutkan peninjauan lokasi TMMD oleh rombongan. (Ronal/rls)