Agam, -Pelayanan kesehatan di Puskesmas IV Koto Kabupaten Agam, hari ini, Rabu (2/9) sudah mulai di buka, setelah sempat empat hari ditutup.

Hal ini dilakukan setelah hasil pemeriksaan swab terhadap seluruh tenaga kesehatan di Puskesmas IV Koto dinyatakan negatif.

“Hari ini kita mulai buka kembali pelayanan di Puskesmas,” ujar Kepala Puskesmas IV Koto Yori Sulistia via ponsel, Rabu (2/9).

Yori menjelaskan, terdapat 43 petugas kesehatan yang diambil swabnya pada 29 Agustus dan keluar hasilnya 1 September.

Dari 43 orang tersebut, baru 29 orang hasil swab yang keluar. 3 orang diantaranya dinyatakan positif Covid-19.

“Berarti masih ada 11 orang lagi hasil swab yang belum keluar,” terangnya.

Alasan diambilnya sampel swab terhadap 43 petugas kesehatan di Puskesmas IV Koto, karena adanya 3 orang tenaga kesehatan yang terjangkit virus corona ditambah banyaknya jumlah kasus positif covid19 di kecamatan IV Koto.

Dibukanya kembali pelayanan kesehatan, terang Yori, berdasarkan surat Dinas Kesehatan Nomor : 01/09/PDRPI/-FK/2020 tanggal 1 September perihal hasil pemeriksaan Covid-19, menyatakan bahwa hasil swab pegawai di Puskesmas IV Koto dinyatakan negatif Covid-19.

Sebelum pelayanan dibuka, Puskesmas IV Koto sudah disterilkan. “Tetap kita terapkan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran corona. Sehingga masyarakat tidak perlu khawatir untuk berobat ke puskesmas,” terangnya.