Tradisi Mairik Tonggak Macu Masih Lestari di Kecamatan VII Koto

0

Sungai Sariak, CanangNews -- Masyarakat Jamaah Surau Manggih Korong Cimpua, Nagari Lareh Nan Panjang Sungai Sariak, Kecamatan VII Koto, melaksanakan tradisi mairik tonggak macu (tonggak utama masjid) secara gotong-royong, Minggu (16/8/2020

Penghulu Nagari Sungai Sariak A Dt Alat Cumano mengatakan, di tengah kemajuan zaman dan perkembangan metode struktur konstruksi dan arsitektur bangunan, masyarakat Sungai Sariak masih percaya bahwa tonggak macu harus dipilih dengan berbagai ritual serta harus ditarik dengan bergotong-royong.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Ketua Kerapatan Adat Nagari (KAN) Sungai Sariak A Dt Rangkayo Pandak didampingi oleh Anton Wira Tanjung sebagai tokoh pemuda Sungai Sariak, semangat gotong-royong ini harus dilestarikan karena pembangunan dan pemeliharaan surau/masjid merupakan tanggung jawab bersama, termasuk dalam memakmurkannya.

Sementara itu, Walinagari Lareh Nan Panjang Sungai Sariak Drs Agus Salim Rasyid mengungkapkan, sangat bersyukur dengan ramainya masyarakat yang bergotong-royong, hampir mencapai seribuan warga yang ikut-serta dalam "mairik tonggak macu" ini. Ia bahkan menyatakan harapan, tradisi ini dapat berlangsung sampai dunia kiamat. (R/ZT)

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top