Sijunjung, Canangnews- Masyarakat jorong Kunangan, Kunpar Kamang Baru Sijunjung merayakan hari raya kurban dengan suka cita.

Perayaan hari raya kurban yang jatuh pada hari Sabtu, 1 Agustus 2020 di tandai dengan kegiatan saling mengunjungi rumah antar warga setelah mereka melaksanakan shalat ledul Adha di masjid setempat.


Dalam monitor media www.canangnews.com  ke Jorong Kunangan, Nagari Kunangan Parit Rantang, Kecamatan Kamang Baru, Sabtu (01/08/2020) bertepatan dengan pelaksanaan hari raya idul adha di Jorong tersebut ditemui panitia korban melaksanakan penyembelihan hewan korban.

Kepala SMPN 35 Sijunjung Tri Joko Priatmo, MPd. yang ditemui media ini, menuturkan, awal dari inisiasi hewan kurban ini adalah dengan mensosialisasikan kepada guru untuk melaksanakan penyembelihan hewan kurban di Jorong lokasi sekolah ini.


Dalam pernyataanya kepada awak media ini, dia mengungkapkan bahwa diawali dengan 3 orang guru, yaitu Tri Joko Priatmo, Walidatil Hasni dan Afsahatil Husni kita lanjutkan sosialisasi kepada orang tua murid sehingga bertambah 4 orang, cukuplah  untuk satu ekor sapi.


Tidak sampai disitu,lanjut Tri Joko,  "terus kita sosialisasikan sampai ke masyarakat setempat, langsung didukung dengan pernyataan bapak  Andi dan istri serta dua lainnya yaitu  isteri  dan anak Sahabuddin  Wali Nagari Kunangan Parit Rantang, yang kemudian  juga cukup  7 orang, untuk satu ekor sapi"ungkap Tri Joko yang telah  jadi kemanakan suku Patopang nagari setempat.


Menurut Tri Joko Priatmo yang terkenal akrab dengan masyarakat setempat, tanpa disangka sama sekali, ada pengusaha dan perantau Jakarta dari Jorong Kunangan ini, menambah satu ekor sapi untuk korban dirinya dan keluarganya yang lain, sehingga  ada tiga ekor sapi sembelihan korban di Jorong Kunangan tahun ini.


"Tahun depan dari awal-awal akan kita rencanakan untuk penyembelihan korban dengan merancang kegiatan tabungan korban bagi guru dan walimurid," ungkap Tri Joko Priatmo yang sudah hampir dua tahun bertugas di Jorong ini bersemangat.(TJP)