Kota Solok,- seorang warga Komplek Perumahan Nusa Indah I Kelurahan Tanah Garam Kota Solok inisial Tn. ZA (19) atau pasien 11, pegawai Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Solok, terkonfirmasi positif Covid-19 tanpa gejala (Asimptomatik). Sebelumnya pasien 11 mengeluhkan kehilangan penciuman atau penciumannya tidak berasa selama dua hari.

Sekretaris Tim Gugus Tugas Percepatan penanganan Covid-19 Kota Solok Syaiful Rustam, Minggu (2/8) pada awak media CanangNews.com mengatakan, ditemukanya warga Kota Solok terkonfirmasi covif-19 tanpa gejala (Asimptomatik) setelah yang bersangkutan aktif memeriksakan diri ketempat pelayanan kesehatan dan merasakan perubahan pada penciumanya.

"Setelah melalui swab tes diperoleh hasilnya pasien 11 ini terkonfirmasi covid-19 tanpa gejala," ujarnya.

Menurut Syaiful Rustam, sebelumnya pasien 11 ini akan melakukan perjalanan keluar daerah. Tanggal 29 Juli 2020 melakukan rapid tes di Apotik Assabil Farma Pandan Kota Solok dengan hasil reaktif.

Tanggal 30 Juli 2020 pasien 11 ini kembali melakukan rapid tes di Laboratorium Paramita Padang. Hasilnya tetap sama reaktif covid-19.

Tanggal 1 Agustus 2020 kembali dilakukan swab tes di RS. BMC Padang dan dinyatakan hasilnya terkonfirmasi Positif covid-19. "Sebelumnya pasien 11 ini mengeluhkan kehilangan penciumanya alias tidak berasa selama dua hari," jelas Syaiful.

Selanjutnya, Tim Surveilance Kota Solok langsung melakukan Tracing dan Tracking terhadap pasien 11 ini. Tim Survelaince juga melakukan swab tes kontak erat terhadap pasien 12, 13, 14, dan 15 serta beberapa kontak erat lainya.

Sementara, saat ini pasien 07, 14, 15, menjalani isolasi di BPSDM Padang Besi Kota Padang. Pasien 08,10, 11, dan 13, menjalani isolasi di RSUD M. Natsir Solok dengan terkonfirmasi dengan gejala (Simptomatik). Pasien 09 dan 12 menjalani isolasi mandiri dirumah.

"Jaga kesehatan dan disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan, gunakan masker," pesanya.(zetria)