Agam, -Dinas Pertanian Agam mencatat, jumlah hewan kurban tahun ini sebanyak 5.410 ekor. Dari 16 kecamatan yang ada, Ampek Angkek menjadi kecamatan yang terbanyak menyembelih hewan kurban.

“Rekor hewan kurban terbanyak di Kabupaten Agam dipegang Kecamatan Ampek Angkek,” ujar Kepala Dinas Pertanian Agam, Arif Restu, Senin (3/8) di Lubuk Basung.

Dijelaskannya, dari total 5.410 ekor sapi/kerbau se-Agam, 661 ekor sapi/kerbau berasal dari masyarakat Kecamatan Ampek Angkek.

Arif mengaku bersyukur atas semangat berkurban masyarakat Kabupaten Agam yang tetap terjaga meskipun saat ini masih berada di tengah pandemi Covid-19.

Diakui, setiap perayaan Idul Adha, umumnya masyarakat Agam sangat antusias. Bahkan, untuk masyarakat yang melakukan pemotongan pun tidak diminta panitia.

“Mereka datang sendiri lengkap dengan perlengkapan masing- masing,” ujarnya

Dia juga menambahkan, bahwa banyaknya jumlah hewan qurban juga berkat tingginya partisipasi perantau untuk saling berbagi dengan sanak di kampung.

“Kita apresiasi peran perantau. Karena dari jumlah qurban itu bisa dikatakan hampir separuhnya berasal dari perantau,” jelas Arif. (BJR)