Parikmalintang, CanangNews -- Bupati Padang Pariaman Drs Ali Mukhni menerima kunjungan Ketua Program Studi Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Andalas (FMIPA Unand) Dr Mairawita MSc untuk beraudiensi terkait pengembangan kawasan agrowisata, Senin (10/8/2020). Pertemuan berlangsung di Ruang Rapat Sekretariat Daerah, Parikmalintang.

Kunjungan dan audiensi difasilitasi oleh Drs H Mukhlis Rahman MM, mantan Walikota Pariaman 2008 – 2018 yang merupakan alumnus Program Studi Biologi FMIPA Unand.

Dalam audiensi tersebut Dr Mairawita selaku ketua rombongan menjelaskan maksud kedatangan mereka, antara lain terkait pengembangan peternakan madu di  Nagari Limau Purut, Kecamatan V Koto Timur, yang telah dibangun pada  masa kepemimpinan Bupati  Anas Malik (1980 – 1990) dan yang dapat menjadi sentral peternakan lebah madu,

“Kabupaten Padang Pariaman telah memiliki peternakan madu di Nagari Limau Purut  yang berpotensi dikembangkan sebagai kawasan agrowisata. Namun, kendala yang dihadapi saat ini alat pemeras madu dan izinnya belum ada. Kami berharap kepada Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman dapat memfasilitasi segala hal untuk mengatasi kendala ini,” ujarnya.

Selain itu, lanjut dia, pengembangan galo-galo dan lebah madu di Kecamatan Sungai Garinggiang juga berpotensi untuk dijadikan lahan agrowisata. Begitu juga dengan Kawasan Tarok City, pun berpotensi besar dijadikan taman agrowisata berbasis edukasi.

“Selain dapat dijadikan lahan agrowisata, ketika telah dibangun peternakan lebah di Kawasan Tarok City juga dapat dijadikan sebagai kawasan edukasi, di mana setiap pengunjung yang datang dapat belajar sambil bermain,,” katanya lagi.

Menanggapi saran dan masukan tersebut, Bupati Ali Mukhni menyatakan senang dan memberikan apresiasi. Menurutnya, perencanaan ini merupakan hal yang baik untuk menunjang  pembangunan di Kabupaten Padang Pariaman.

“Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman akan memfasilitasi segala hal yang dibutuhkan oleh pihak FMIPA Unand, termasuk masalah perizinan. Oleh karena itu, kami meminta kepada pihak FMIPA Unand agar segera memasukkan proposal serta administrasi lainnya,” ujar Ali Mukhni. (R/ZT)