Subscribe Us

header ads

Dinkes Padang Pariaman Supervisi Penimbangan Massal dan Pemberian Vitamin A


Sungai Limau, CanangNews -- Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Padang Pariaman Drs H Yutiardy Rivai Apt menugaskan Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat (Kabid Kesmas) Nurhayati SSiT MARS bersama tim di Bidang Kesmas melakukan supervisi ke Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) Al Hadi di Kampuang Jua, Nagari Pilubang, Wilayah Kerja Puskesmas Sungai Limau, Kamis (6/8/2020). Supervisi itu dalam rangka kegiatan penimbangan massal dan pemberian vitamin A kepada anak-anak usia di bawah lima tahun,

Ketika dihubungi CanangNews, Mila (sapaan Nurhayati) menyebutkan, di samping melakukan penimbangan dan pemberian vitamin A kepada bayi dan balita yang menjadi sasaran di Posyandu Al Hadi, Tim Bidang Kesmas juga  melakukan penilaian pelayanan yang terstandar sesuai pedoman tata laksana kegiatan posyandu di setiap langkah kegiatan posyandu. 

"Pelayanan di posyandu kali ini sangat berbeda dengan pelaksanaan posyandu  sebelumnya. Karena saat ini kita masih dalam kondisi pandemi corona virus disease 2019 (covid 19), maka kita harus mengikuti protokol Kesehatan. Alhamdulillah... Posyandu Al Hadi sudah melaksanakannya sesuai aturan," kata Mila. 

Sebelum kegiatan penimbangan dan pemberian vitamin A petugas pelaksana seperti kader, tenaga kesehatan dan pengunjung posyandu harus dalam keadaan sehat. Oleh karena itu, panitia menyediakan sarana cuci tangan pakai sabun (CTPS). Selain itu, petugas dan pengunjung harus memakai masker.

Posyandu ini mendapat dukungan penuh dari lintas sektoral yang ada. Kegiatan itu dihadiri Sekretaris Nagari Pilubang Antonius Rizal, para walikorong serta Kepala Puskesmas Sungai Limau Yusnelly Erza beserta jajarannya.

Penilaian posyandu dalam rangka pemantauan pelaksanaan posyandu balita sesuai tatanan normal, produktif dan aman, kata Mila, mencakup beberapa indikator, antara lain: 

1. Pelaksanaan protokol kesehatan di posyandu pada era new normal;
2. Lokasi dan sarana prasarana posyandu;
3. Peran lintas sektor dan masyarakat dalam pelaksanaan posyandu;
4. Jumlah kader yang ada serta kemampuan kader dalam memberikan pelayanan, serta; 
5.Capaian sararan  balita yang berkunjung.

Pada kesempatan itu, Sekretaris Nagari Pilubang Antonius Rizal menyatakan harapannya agar seluruh kader memberikan perhatian penuh dalam mewujudkan posyandu aktif. "Kami juga mebgharapkan adanya pembinaan terhadap segala aspek dari dinas kesehatan dan puskesmas, peningkatan sumber daya kader dengan mengadakan pelatihan serta adanya peningkatan bantuan  biaya operasional untuk mendukung pelaksanaan kegiatan posyandu.
 
Menjelang akhir pertemuan, Kepala Puskesmas Yusnelly Erza melaporkan, Posyandu Al Hadi merupakan posyandu yang diunggulkan untuk memgikuti penilaian. Sebab, posyandu ini betul-betul mendapat dukungan dari lintas sektor. 

"Hal ini dibuktikan dengan adanya bangunan khusus untuk posyandu ini dengan semua sarana dan prasarana yang dibutuhkan. Begitu juga dengan kegigihan dan ketulusan ibu-ibu kader dalam membantu pelaksanaan pelayanan posyandu. Ini merupakan bukti bahwa pemberdayaan masyarakat yang sudah cukup tinggi. Sebab, posyandu itu memang dari, oleh dan untuk masyarakat," ulas Yusnelly Erza. (Zakirman Tanjung)

Posting Komentar

0 Komentar