Agam,-Untuk menciptakan lingkungan yang asri dan bernilai ekonomis, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) dan masyarakat Jorong Lundang, Nagari Panampuang, Kecamatan Ampek Angkek, Kabupaten Agam bahu-membahu lakukan gerakan penghijauan, Minggu (2/8).

Melalui kegiatan yang bertajuk Mambangun Kampung Halaman, Gerakan Penghijauan Penanaman 10.000 pohon yang diinisiasi putra daerah setempat Kolonel. Inf. Aufit Chaniago itu, mahasiswa KKN di Nagari Panumpuang mengajak masyarakat setempat memanfaatkan lahan yang tersedia agar bisa menjadi lahan produktif.

 “Kabupaten Agam dikenal dengan daerah yang sebagian besar dipenuhi oleh lahan-lahan pertanian, sebagiannya masih belum tergarap, maka tidak ada salahnya lahan itu dimanfaatkan,” ujar Syahdal Gina, mahasiswan KKN dari Universitas UIN Suska Riau.

Menurutnya, selain bertujuan menciptakan lingkungan pekarangan yang hijau, aksi tersebut sebagai bentuk edukasi kepada masyarakat untuk mengkampanyekan gerakan lingkungan bersih dan produktif.

“Kita ketahui, tanaman sebagai sarana penghasil oksigen. Apalagi saat ini sedang pandemi Covid-19, sehingga harus kualitas lingkungan harus benar-benar dijaga” ujarnya.

Pihaknya bersama sejumlah mahasiswa lainnya, menuturkan selama KKN di Nagari Panampuang, mahasiswa turut mendorong program nagari untuk memberikan kesadaran kepada masyarakat demi terbentuknya kampung tematik.

“Semoga kehadiran kami di tengah masyarakat dapat diterima dan memberikan solusi,” katanya.

Pihaknya berharap, aktivitas gotong-royong yang telah dilakukan masyarakat setempat dapat dipertahankan guna membangun kampung halaman ke arah yang lebih baik.

“Pohon yang ditanam hari ini semoga dapat dirawat dan dijaga hingga bisa berbuah nanti. Semoga buahnya dapat meningkatkan ekonomi masyarakat di sini,” ulasnya. (BJR)