Subscribe Us

header ads

Wabup Padang Pariaman Suhatri Bur Hadiri Pengukuhan Penghulu Dt Tunaro


Lubuak Pandan, CanangNews -- Wakil Bupati (Wabup) Padang Pariaman Suhatri Bur menghadiri acara batagak gadang (peresmian gelar) Penghulu Kaum Suku Koto Dt Tunaro di Nagari Lubuak Pandan, Kecamatan 2x11 Enam Lingkung  Sabtu (25/7/2020).

Batagak pangulu merupakan upacara adat Minangkabau dalam rangka meresmikan seseorang menjadi penghulu Dalam hal ini pengangkatan atau peresmian penghulu tidak dapat dilakukan oleh keluarga yang bersangkutan saja. Peresmian haruslah berpedoman kepada petitih adat “ma-angkek rajo sakato alam, ma-angkek penghulu sakato kaum”. 

Tata tertib meresmikan penghulu dimulai dari rapat atau mufakat kaum, kemudian dibawa ke halaman yang artinya dibawa masalahnya ke dalam kampung lalu diangkat ke tingkat suku dan akhirnya di bawa dalam Kerapatan Adat Nagari (KAN)

Pengangkatan penghulu dapat juga dilakukan dengan pedoman iduik batungkek budi, mati bakarilaan. Jika seorang penghulu meninggal dunia atau sudah tidak mampu lagi menjalankan tugasnya - mungkin karena kesibukan lain, karena kesehatan tidak mengizinkan, karena bekerja di rantau dan sebagainya, maka kaum atau dia boleh menyerahkan jabatan itu kepada calon penggantinya.

Pada kesempatan itu, Wabup Suhatri Bur mengucapkan selamat atas .pengukuhan gelar penghulu adat  kepada Adrison Abdullah Koto Dt Tunaro sebagai payung panji Suku Koto Nagari Lubuak Pandan.

"Semoga amanah sanak kemenakan ini dapat dijalankan dengan penuh tanggung jawab bagi kemaslahatan dan kemuliaan kaum suku Koto dan adat budaya Minangkabau di masa mendatang." kata Suhatri Bur. (Wendra Subrata/ZT)

Posting Komentar

0 Komentar