AGAM, -Seorang Ibu hamil inisial R warga Aro Kandikia, Nagari Gadut, Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) dinyatakan positif terinfeksi Covid-19. Hal itu terungkap saat tracking dilakukan terhadap calon kafilah MTQ Sumbar berinisial MEA. 

Jubir GTP2C Kabupaten Agam, Khasman Zaini Sabtu (25/7) di Lubuk Basung mengatakan, R terkonfirmasi positif Covid-19 setelah keluarnya hasil swab dilakukan terhadap tiga orang yang melakukan kontak langsung dengan MEA. Sementara, dua orang lainnya Negatif. "R yang berstatus orang tanpa gejala (OTG) itu dalam kondisi hamil," ujarnya

Dijelaskan saat ini, R yang merupakan kakak kandung MEA tersebut, telah dibawa ke Rumah Sakit Ahmad Mochtar (RSAM) Bukittinggi untuk mendapatkan perawatan. "Kami telah melakukan tes swab terhadap lima orang yang pernah berkontak dengan R. Hasilnya tes swab baru diketahui besok," ujarnya lagi. 

Dikatakan, MEA merupakan kasus positif Covid-19 yang terkonfirmasi pada Kamis 23 Juli 2020, saat mengikuti seleksi Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Sumbar. "Saat ini, MEA telah berada di Padang Besi untuk menjalani perawatan," ungkapnya. 

Hingga hari ini, total kasus positif Covid-19 di Kabupaten Agam mencapai 23 orang. Dari kasus tersebut, 20 orang diantaranya telah dinyatakan sembuh. "Sementara, tiga orang lainnya masih menjalani isolasi, dua orang di Padang Besi dan satu orang di RSAM Bukittinggi," jelasnya. (Dil/BJR)