Lubuk Basung, CanangNews —  Bupati Agam Dr H Indra Catri MSP menerima penghargaan berupa Anugerah dari Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) tahun 2020. Penghargaan ini mendapat apresiasi banyak pihak. Banyak tokoh masyarakat dan kaum ibu yang menyatakan anugerah yang diberikan pas dan layak, karena Indra Catri dinilai sangat penyayang dan peduli kepada anak-anak di kabupaten Agam.

Tidak hanya dikaitkan dengan program perlindungan anak yang dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Agam beberapa tahun belakangan yang dinilai sangat fokus, bahkan kenyataan di lapangan dibuktikan oleh masyarakat banyak, betapa dekat dan penyayangnya Bupati Indra Catri kepada anak-anak, tidak hanya pada acara-acara resmi, pada setiap momen, keberadaan anak-anak justru menjadi “asupan semangat” bagi bupati Agam dua periode ini.

Sejumlah kaum ibu di Lubuk Basung kepada kaba12.com beberapa waktu lalu menyatakan, sosok Indra Catri dikenal sangat penyayang dan peduli terhadap anak-anak. Buktinya terlihat dengan keberadaan ruang terbuka hijau (RTH) lengkap dengan sarana bermain anak di Gelanggang Olah Raga (GOR) Rang Agam di depan kantor bupati serta Stadion Bukik Bunian yang dipoles untuk kenyamanan bermain anak-anak.

“Baliau panyayang, itu tasabuik dek urang banyak. Kasih sayangnyo tu tulus nampak dari wajahnyo, ndak dibuek-buek untuak di foto se doh, “ ungkap Yeni, Afrianita, Hj Erma Salim dan beberapa kaum ibu lain kepada kaba12.com beberapa waktu lalu.

Kaum ibu itu menyebut Bupati Agam Indra Catri dinilai sangat layak mendapat penghargaan dari KPAI, karena dalam kesehariannya sangat peduli dan penyayang pada anak-anak.

Wujud Komitmen Peduli
Anugerah KPAI 2020 diterima Bupati Agam Indra Catri secara virtual dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P²PA) RI Bintang Puspayoga, Rabu (22/7/2020). Indra Catri dinilai mempunyai komitmen kuat dan sukses dalam penyelenggaraan perlindungan anak dan melaporkan capaian berbasis sistem informasi monitoring, evaluasi dan pelaporan (SIMEP) berbasis digital.

Menurut, Menteri P²PA Bintang Puspayoga, selama beberapa tahun terakhir inovasi di bidang perlindungan anak terus digiatkan, Anugerah KPAI 2020 kepada lembaga, instansi dan individu yang memiliki komitmen terhadap perlindungan anak, menjadi momen refleksi terhadap komitmen perlindungan anak di Indonesia.

Menurut dia, Anugerah KPAI 2020 diberikan kepada lembaga yang memiliki komitmen terhadap perlindungan anak dan pelaporan berbasis SIMEP, juga kepada pemerintah daerah yang memiliki komitmen terhadap perlindungan anak dan pelaporan berbasis SIMEP.

Penyerahan Anugerah KPAI 2020 kepada Bupati Agam ditandai dengan surat undangan dari KPAI dengan nomor 810/5/KPAI/VII/2020 tanggal 14 Juli 2020 yang ditandatangani Ketua KPAI Dr Susanto MA untuk menghadiri kegiatan pemberian penghargaan Anugerah KPAI tahun 2020 yang akan diselenggarakan melalui daring pada hari Rabu, tanggal 22 Juli 2020 pukul 10.00 WIB.

Sesuai dengan surat tersebut  Bupati Agam Indra Catri merupakan satu dari 10 kepala daerah penerima Anugerah KPAI 2020. Khusus untuk Provinsi Sumatera Barat penerima Anugerah KPAI 2020 hanya dua kepala daerah, Bupati Agam Indra Catri dan Walikota Bukittinggi, Ramlan Nurmatias.

Usai menerima Anugerah KPAI 2020, Bupati Agam Indra Catri menyatakan terimakasih kepada KPAI yang memberikan apresiasi terhadap dirinya dan Kabupaten Agam, yang telah melaksanakan kebijakan perlindungan anak.

“Ini sudah menjadi tugas dan tanggungjawab pemerintah untuk mengedepankan komitmen dalam melindungi, mengayomi dan memperhatikan masa depan anak-anak sejak dini. Sebab, mereka adalah generasi penerus kemajuan bangsa, “ ujar Indra Catri.

Ia juga mengungkapkan terimakasih kepada pimpinan lembaga hukum, aktivis, dan lembaga pemerhati anak atas kerjasama yang dijalin dalam rangka pemenuhan hak dan perlindungan anak khususnya di Kabupaten Agam. (kaba12.com / Zakirman Tanjung)