Tuapeijat Canangnews, Kepala Puskesmas Mapadegat Steffanie Ribkha Euodia Saogo memberi jawaban  terkait limbah  Handscoon yang dibuang bersama kardus mie instan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab di dermaga Tuapeijat .

Hal tersebut dia sampaikan melalui pesan mesenger Facebook bahwa Setiap selesai pelayanan pihaknya langsung membuka APD Handscoon serta  pergantian masker bahkan di khususkan ruangnya .

"usai melaksanakan pelayanan tim penanganan Covid langsung mengganti pakayan khusus di  di Ruang Swab dan di Posko Covid  yg sudah tersedia sekaligus sarung tangan milik medis yang sudah digunakan dan barang itu dibawak langsung ke Puskesmas untuk di musnakan "ungkap Steffanie kepada awak media Sabtu 11/7/20.

Lebih lanjut dikatannya terkait limbah Sarung tangan pihaknya akan dalami apakah itu milik petugas pelayanan jika itu benar maka dirinya tidak sungkan sungkan memberi sanksi khusus sebab ini bukan dianggap remeh ucapnya.

Jangan itu kata Steffanie sampah hanscoon yang sudah terbuka meski tak belum dipakai dianggap sudah tercemar dan segera diamankan petugas untuk dimusnakan secepatnya .

"Bukan hanya tim kita yang menggunakan itu mungkin ada orang lain yang menggunakan hanscoon dan dibuang sembarangan sehingga yang terkena himbas ya petugas dilapangan " tuturnya .

Dilanjutkan Steffanie SOP Pembuangan Sampah limbah Medis terlebih khusus penanganan Covid 19 sudah ada bahkan ada aturannya sehingga berani memberi jawaban.

Dirinya berharap bila ada oknum dari petugas kesehatan tampak Dimata meletakkan sampah limbah jangan sungkan melaporkannya kepihak Dinas Kesehatan untuk di beri sanksi tegas supaya hal ini tidak terjadi lagi pukasnya .(JS)