Parikmalintang, CanangNews -- Untuk pertama kali, Masjid Raya Padang Pariaman di Parikmalintang menyelenggarakan
 shalat Idul Adha,Jumat 31 Juli 2020 / 10  Dzulhijjah 1441 H. Bertindak sebagai khatib Dr (K) H Afrinaldi Yunas MA dengan Imam Dahlan SPdI.

Hadir sekaligus memberi sambutan kunci Bupati Padang Pariaman Drs H Ali Mukhni. Ia mengungkapkan, tahun ini berbeda dari sebelumnya karena jamaah haji dunia, termasuk Indonesia  tidak bisa menunaikan ibadah haji seperti biasa karena pandemi covid19. 

"Sebagaimana informasi yang kita dengar, jumlah jamaah yang menunaikan ibadah  haji
 secara keseluruhan hanya berjumlah 1.000 orang internal negara Arab dan itupun diatur dengan jarak sesuai protokol kesehatan," katanya saat memulai sambutan.


Mengenai Masjid Raya Parikmalintang, ulas dia menjelaskan, meskipun belum selesai 100 persen tetapi sudah dimanfaatkan untuk shalat 5 waktu, Jumat dan Hari Raya.

"Meskipun baru selesai 33& dari rencana pembangunan, masjid yang saat ini sudah dilengkapi dengan travelator bagi para difable sudah dimanfaatkan untuk shalat 5 waktu berjamaah serta shalat Jumat. Nantinya pembangunan masjid akan dilengkapi dengan menara setinggi 65 meter, lift serta pembuatan akses jalan pelindung menuju kantor bupati," ujarnya mengakhiri sambutan.

Sedangkan itu, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakankemenag) Padang Pariaman, Dr H Helmi Khatib MAg menyebutkan, jumlah kurban tahun ini secara keseluruhan di Padang Pariaman berupa 3 ekor kerbau, 2392 ekor sapi dan 149 ekor kambing.

"Pelaksanaan penyembelihan menyebar merata pada masjid, surau dan mushala, termasuk di Kantor Bupati, Kantor Kementerian Agama, KUA 17 kecamatan.

Shalat Idul Adha ini diikuti oleh pimpinan dan anggota DPRD, Forkopimda, aparatur sipil negara (ASN) di Pemkab Padang Pariaman serta masyarakat Parikmalintang. (RHP/ZT)