Subscribe Us

header ads

Dinkes Padang Pariaman Sosialisasikan Adaptasi Kebiasaan Baru


VII Koto, CanangNews – Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Padang Pariaman Drs H Yutriardy Rivai Apt melakukan sosialisasi dan penyuluhan tentang penerapan protokol kesehatan  pada pesantren-pesantren di Kecamatan VII Koto, Rabu (15/7/2020). Kegiatan itu juga diikuti oleh   Sekretaris Dinkes Firdaus, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Hj Nurhayati SSiT MARS, Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan dr Syafrina Wati MARS dan kepala seksi beserta staf. 

Sosialisasi, kata Yutiardy, dimaksudkan untuk pencegahan corona virus disease 2019 (covid-19),  dilakukan dalam rangka menuju adaptasi kebiasaan baru di lingkungan pesantren dalam wilayah kerja Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Sungai Sariak.

Dari 8 pesantren yang ada di kecamatan tersebut, ada 5 pesantren yang dikunjungi oleh Tim Dinkes. Di antaranya Pesantren Nurul Yaqin Aswaja, Pesantren Nurul Hidayah, Pesantren Jabbal Fiil, Pesantren Al- Munawwarah dan Pesantren Madhinatul 'Ilmi.

Dalam kunjungan itu Tim Dinkes menemukan beberapa pesantren sudah menyediakan sarana cuci tangan pakai sabun (CTPS). Namun, sebagian tenaga pengajar beserta santri tidak menggunakan masker dalam berkegiatan.


Kadinkes Yutiardy mengharapkan penyuluhan dan sosialisasi ini dapat memicu  pesantren untuk menerapkan protokol kesehatan dalam proses belajar mengajar pada masa pandemi covid 19 menuju fase adaptasi kebiasaan baru dengan meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) serta menerapkan gerakan masyarakat hidup sehat (germas) dlm kehidupan sehari hari. (P/Elvina/Ferawati/ZT)

Posting Komentar

0 Komentar