Tuapeijat Canangnews,Dinas Kesehatan wajibkan setiap penumpang kapal tujuan Siberut Saibi Sirilogui dan Sikabaluan juga Sioban,Pasapuat serta Sikakap untuk menaati Prokes disaat antrian untuk melakukan cek suhu.

Kali ini petugas cukup kesulitan mengambil tindakan untuk mengatur penumpang yang hendak pulang kampung dengan protokol kesehatan 
yang sudah ditetapkan .

Bila diperhatikan,penumpang masih kurang kurang kesadaran akan bahaya penyebaran Covid 19 sehingga bersempit-sempitan untuk mengukur suhu tubuh sebagai syarat untuk memasuki kapal antar pulau tujuan masing-masing.

Namun meski demikian petugas tetap tekankan penumpang untuk menggunakan masker serta menjaga jarak dengan yang lainnya sewaktu antrian .

Lena salah satu penumpang di Kapal antar pulau Nade tersebut menilai bahwa "seharusnya petugas sudah stanby sebelum jam keberangkatan untuk memastikan keamanan serta ketertiban dari penumpang itu sendiri"unkapnya Selasa 28/7/20.

Rute yang saat ini di ambil oleh Nahkoda kapal adalah rute memutar yang dimulai dari dermaga Tuapeijat singgah di Dermaga Maileppet,teluk saibi,Sirilogui dan merapat di dermaga Pokai Sikabaluan.

Untuk jumlah penumpang sendiri,menurut pantauan Canangnews,saat ini tidak begitu banyak sehingga petugas di km Nade dapat mengatur penumpangnya dengan menjalankan protokol kesehatan dan menjaga jarak.(JS)