Tuapeijat Canangnews,Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Mentawai belum siap ambil keputusan untuk New Normal dengan alasan masih melakukan persiapan .

Dua belas hari jangka waktu yang diambil untuk persiapan jelang New Normal dimentawai sehingga ditunda kembali dan melanjutkan persiapan matang oleh perintah setempat 

"Ada dua alasan mentawai belum siap menerapkan era New Normal yang pertama adalah persiapan secara totalitas belum ada seperti tenaga ,manajemen dan lainnya dan kedua kondisi kepulauan sehingga masih dilakukan patangan persiapan untuk menuju era baru tersebut " ungkap Bupati Kepulauan Mentawai Senin 8/6/20.

Dilanjutkannya bahwa terhitung dari tgl 8 hingga 20 Juni Mentawai lakukan berbagai persiapan sehingga semuanya berjalan dengan lancar sebab yang menjadi kendala pada warga ketika di berlakukannya New Normal warga tidak dapat dikendalikan untuk itu semuanya perlu di lakukan persiapan secara matang .

Yudas juga memastikan bahwa tgl 20 tersebut adalah waktu dimana Mentawai harus menerima kondisi era New Normal sehingga waktu yang dua Minggu tersebut menurut dia efektif untuk mempersiapkan semuanya .

" Banyak hal yang kita persiapkan menjelang tgl 20 tersbut yang pertama Pusat pengendalian mesti di distribusikan di kecamatan masing masing mengingat kondisi kepulauan juga termasuk petugas lengkap" sebutnya .

Yang kedua tempat tempat umum dimana semua mesti dilengkapi dengan hansanitijer dan pembatas lainnya sehingga pada masa itu warga dapat beraktifitas seperti biasanya .

"Seprti penumpang kapal antar pulang mesti ikuti tatanan protokol kesehatan yang berlaku untuk memberikan kenyamanan bagi semuanya" .

Ia juga menambahkan bahwa tentunya warga semuanya punya aturan seperti jumlah kapasitas perlu diatur dari seratus jadi 50 persen .