AGAM, -Masyarakat Jorong Batagak, Nagari Batagak, Kecamatan Sungai Pua, melaksanakan goro membersihkan sampah yang ada tepi jalan, Jumat (26/6).
Camat Sungai Pua, Syafrizal mengatakan dengan banyaknya sampah yang berserakan di pinggir jalan Negara, yang berada di jalan lurus Nagari Batagak, sudah membuat resah masyarakat.
“Oleh sebab itu, perangkat kecamatan, nagari, bamus dan anggota koramil serta masyarakat, dibantu oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Agam, melaksanakan goro bersama membersihkan sampah yang ada di pinggir jalan tersebut,” jelasnya.
Setelah dibersihkan, sampah tersebut langsung dibawa oleh truk sampah dari Dinas Lingkungan Hidup ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA).
Menurutnya, sampah yang ada di pinggir jalan tersebut merupakan sampah buangan dari masyarakat yang lewat, baik dari arah Bukittinggi maupun dari arah Padang Panjang.
“Pihak nagari, anggota koramil dan masyarakat serta pemuda telah sepakat membentuk tim untuk memantau dan berjaga di kawasan tersebut,” ujarnya
Nantinya, bagi masyarakat yang kedapatan masih membuang sampah di lokasi tersebut, akan dikenakan sanksi sesuai dengan peraturan yang telah disepakati oleh pihak nagari.
“Diharapkan kepada seluruh masyarakat, agar tidak membuang sampah sembarangan, apalagi di pinggir jalan, karna itu dapat merusak keindahan dan mencemari lingkungan,” harapnya. (BJR)