Subscribe Us

header ads

Harganas 2020, Pemkab Agam Buka Pelayanan KB Gratis untuk 1.212 Akseptor


AGAM, -Dinas Dalduk KB PP dan PA Kabupaten Agam, membuka pelayanan KB gratis secara serentak dalam rangka memperingati Hari Keluarga Nasional (Harganas) 2020, Senin (29/6).
Kepala Dinas Dalduk KB PP dan PA Agam, Erniwati mengatakan, bahwa pelayanan KB ini serentak di seluruh Indonesia untuk 1 juta akseptor. Provinsi Sumatera Barat mendapat kuota 18 ribu akseptor, sedangkan Kabupaten Agam sebanyak 1.212 akseptor tersebar diseluruh kecamatan.
Khusus Lubuk Basung, katanya akan dilakukan pada 2 Puskesmas yaitu, Manggopoh dan Lubuk Basung dengan jumlah 171 akseptor. Mengingat Manggopoh baru mengkonfirmasi kasus baru Covid-19, maka pelayanan hanya dilaksanakan di Puskesmas Lubuk Basung,
“Kita melaksanakan pelayanan serentak ini satu hari, mulai pukul 08.00 WIB sampai 15.00 WIB. Pelaporannya secara online yang langsung terhubung ke pusat,” ujarnya.
Ia menjelaskan, alat kontrasepsinya ada yang berupa IUD, implan, suntik, pil dan kondom. Baik bagi yang pasang baru, lanjutan maupun bongkar pasang.
“Pelayanan dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan seperti pakai masker, jaga jarak dan lainnya,” sebut Erniwati.
Kegiatan ini ditinjau langsung oleh Bupati Agam, Dr. H. Indra Catri, yang didampingi Ketua TP-PKK Agam, Ny. Vita Indra Catri.
Indra Catri mengatakan, sejak 3 bulan terakhir seiring himbauan di rumah saja sebagai upaya mengantisipasi penyebaran Covid-19, ada kecenderungan tingkat kehamilan mengalami peningkatan.
“Tetapi di Agam tidak terlalu besar jumlahnya. Namun perlu berjaga-jaga dengan memakai alat kontrasepsi,” ujarnya. (BJR) 

Posting Komentar

0 Komentar