Parikmalintang, CanangNews – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Padang Pariaman  melaksanakan kegiatan rehabilitasi jaringan irigasi yang berlokasi di Daerah Irigasi Bandar Kasai (DIBKP) Patamuan, Kecamatan VII Koto.

Menurut Kepala DPUPR Deni Irwan ST MT, Senin (22/6/2020), kegiatan ini dilaksanakan untuk mendukung ketersediaan air pada DIBKP dengan luas areal 200 hektar.  Dengan demikian dapat meningkatkan produktivitas pertanian untuk menjamin ketersediaan pangan serta dalam upaya pemulihan ekonomi masyarakat di tengah pandemi corona virus disease 2019 (covid-19). 

Pekerjaan utama pada kegiatan ini, lanjut dia, adalah rehabilitasi bendung dikarenakan bendung yang lama sudah tidak laik fungsi dan ditambah dengan pekerjaan saluran di beberapa titik lokasi yang sudah mengalami rusak berat.

Pelaksanaan pekerjaan rehabilitasi jaringan irigasi D.IBKP ini, lanjut dia, dilaksanakan oleh CV. Mitra Putra Utama dengan nilai kontrak Rp792.479.000. Jangka waktu pelaksanaan pekerjaan ini selama 120 hari kalender mulai tanggal 26 Maret 2020 sampai dengan 23 Juli 2020.

"Sumber dana dari kegiatan ini adalah dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2020 di mana Kabupaten Padang Pariaman termasuk satu dari 4 kabupaten / kota yang dapat melanjutkan kegiatan DAK Bidang Irigasi di Sumatera Barat.

Dihubungi secara terpisah, Kepala Bidang Sumber Daya Air (SDA) DPUPR Fafdhal Andrianos ST MPSD menambahkan, kegiatan DAK 2020 yang bisa lanjut hanya sedikit. Hal itu dikarenakan terkait covid-19. Bagi kegiatan DAK yang belum tekan kontrak sampai tanhhal 26 Maret 2020..dinyatakan tidak bisa dilanjutkan.

"Total DAK irigasi kita tahun anggaran 2020 sebanyak Rp4.3 miliar..terdiri dari 6 paket pekerjaan," ujarnya. (R/ZT)