Tuapeijat Canangnews , Personel Kodim 0319/Mentawai bersama tim lakukan penjagaan ketat serta bersiaga di pelabuhan Bungus untuk memastikan keberadaan kapal ada  tidaknya  penumpang yg menyusup untuk ikut berangkat dari padang menuju kepulauan mentawai.

Hal tersebut dilakukan guna mengantisipasi penyebaran dari Virus Korona yang sudah mewabah disuruh dunia dengan membatasi penumpang masuk kapal kecuali barang seperti sembako dan supir mobil serta  baranglainnya .

"sesuai Peraturan Pemkab Mentawai tentang  pelarangan orang masuk ke Mentawai kecuali barang dalam rangka mencegah penyebaran COVID19 untuk itu personil kita di stanbykan didermaga saat ini untuk lakukan pemantauan secara ketat " Ungkap Komandan Kodim 0319/Mentawai Letkol Czi.Bagus Mardyanto kepada awak media melalui pesan whatsap Minggu 5/4/20.

Lebih lanjut dikatakannya personel untuk saat ini bersiaga dipelabuhan memastikan kapal tidak berisikan penumpang dengan pembatasan sosial berskala besar dan itu secara tegas dilakukan tanpa adanya toleransi .

"Tepatnya  pukul 17. 15 Wib anggota Kodim 0319 melaksanakan pengecekan terhadap  penumpang dan barang2 angkutan Kapal Barang ASDP yang berangkat dari pelabuhan Bungus Kota Padang tujuan Tuapejat Kab. Kep. Mentawai dengan membawa sembako ( Logistik ) untuk keperluan masyarakat Kab. Kep. Mentawai yang di nakhodai oleh Kapten Kapal atas nama Sdr. Riki Pebriarianto" lanjut Bagus

Pada pengecekan yang berlangsung sore itu kata Katadia personil tidak menemukan hal yang menonjol dan melanggar sesuai  apa yang sudah ditentukan oleh pemerintah setempat hanya saja didlam kapal berisikan  barang dan penumpang yang membawa sembako dan Kendaraan yang berada di Kapal yang memuat  Kendaraan roda 6 berjumlah  11 ditambah supir mobil membawa sembako ,Kendaraan roda 6 membawa tangki minyak 1 unit. Kendaraan roda 4 milik Basarnas ,1 unit Mobil treler unit serta Kendaraan roda 2 yang berjumlah  berjumlah 2 unit ucapnya .

Dilanjutkan Bagus didalam kapal juga hanya berisikan Penumpang  yang membawa barang curah berjumlah 4 orang, Pengiriman pupuk Kandang 30 karung untuk Kodim 0319/Mentawai,Barang sembako berupa beras milik Pemerintah Kab. Kep. Mentawai yang di angkut menggunakan Mobil COLTDIESEL roda 6 sebanyak 5 unit, mengangkut beras sebanyak 39 TON.

Adapun Personil yang terlibat dalam pelaksanaan pengecekan Kapal antara lain Anggota Kodim 0319/Mentawai 3 orang,
Anggota Kodim Padang 1 orang,Anggota POMAL Padang 1 orang,Anggota Polres Mentawai 2 orang,Anggota ASDP 18 Orang serta Anggota DISHUB kota Padang 6 orang dan aman hingga keberangkatan kapal pada pukul 19.09 wib.(Johan)