Pariaman, CanangNews -- Ikatan Keluarga Alumni Pendidikan Tinggi Kepamongprajaan (IKAPTK) Kabupaten Padang Pariaman, Sumatra Barat, memberikan bantuan Alat Pelindung Diri (APD) berupa face shield medical (pelindung wajah)  sebagai bentuk dukungan kepada tenaga kesehatan (nakes) dan relawan dalam penanggulangan corona virus desease (covid)-19. 

Dalam hal ini, tenaga kesehatan  merupakan garda terdepan dalam penanganan pasien yang dicurigai ataupun positif covid-19 tentunya harus dilengkapi dengan APD yang memadai. 

Di sela-sela penyerahan bantuan, Rabu (1/4/2020), Ketua IKAPTK Kabupaten Padang Pariaman Muhammad Fadhly SAP MM menjelaskan, bantuan face shield medical  ini akan dibagikan kepada seluruh tenaga kesehatan dan relawan yang membutuhkan  di Kabupaten Padang Pariaman dan Kota Pariaman.

"Saat ini kita menyiapkan 2.500 face shield medical, sebagian sudah kita distribusikan di beberapa puskesmas dan rumah sakit seperti Puskesmas Sungai Limau, Puskesmas Sintuk, RS Sadikin Pariaman dan Puskesmas Sikabu," terang Fadhly. 

Selanjutnya, ulas dia, tim IKAPTK akan terus cari siapa saja tenaga kesehatan dan relawan yang membutuhkan dan akan langsung  diantar ke lokasi.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Kadisdukcapil) Kabupaten Padang Pariaman ini menambahkan, bantuan face shield medical merupakan kegiatan sosial dari anggota IKAPTK sebagai wujud kepedulian dan dukungan kepada pejuang covid-19 (tenaga kesehatan) di Kabupaten Padang Pariaman dan Kota Pariaman dalam menangani pasien yang dicurigai, terdampak covid 19.  "Kita berharap musibah wabah virus civid 19 ini segera dapat diatasi dan berakhir," katanya lagi. 

Saat ini jumlah data covid-19 di Kabupaten Padang Pariaman adalah pelaku perjalanan dari area terjangkit (PPT) 4.001 orang, orang dalam pemantauan (ODP) 43 orang, pasien dalam pengawasan (PDP) 3 orang dan pasien yang sudah positif berjumlah 1 orang. (Rudy R Rilis/ZT)