Subscribe Us

header ads

Imran Rafi’i, "Camaik Ninik-Mamak"


LAHIR di Panyabungan, Kabupaten Madina, 3 April 1964, Imran Rafi'i sudah mulai mengabdi sebagai aparatur sipil negara (ASN) di Kabupaten Padang Pariaman pada tahun 1986 setelah lulus dari Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Negara LPPN Padang.

Anak dari pasangan Hj Syamsari Siregar (almh) dengan HM Rafi'i Sikumbang (alm) ini telah mengabdikan dirinya selama 34 tahun menjadi ASN di Kabupaten Padang Pariaman, sejak beberapa tahun terakhir ia sebagai camat dimulai dari Camat Vll Koto, Lubuk Alung dan sekarang menjabat sebagai Camat Patamuan.

“Selama mengabdikan diri sebagai ASN di Kabupaten Padang Pariaman saya lebih lama bertugas di kantor camat, yakni selama 31 tahun. Selama bertugas di kecamatan banyak pengalaman yang saya dapatkan. Di antaranya, saya menjadi terbiasa menghadapi masyarakat dengan berbagai karakter. Dari pengalaman tersebut saya belajar untuk memahami perilaku orang tersebut sehingga saya dapat dengan mudah berkomunikasi dengannya, terlebih jika sedang menyelesaikan sebuah masalah,” tuturnya.

Sebelum menjadi camat, ASN yang juga pernah menjadi Sekretaris Kecamatan 2x11 Enam Lingkung dan Sekretaris Kecamatan Batang Anai ini memegang prinsip dalam menjalankan amanah yang dititipkan dengan membangun hubungan kerjasama yang baik dengan staf dan rekan sejawat terlebih dahulu.

“Dalam menjalankan amanah yang diberikan maka perlu dibentuk hubungan yang baik dengan staf dan rekan sejawat agar dapat memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. Ketika masyarakat puas dengan pelayanan yang diberikan, saat itu pula dapat dikatakan kita berhasil dalam menjalankan amanah yang diberikan tersebut,” katanya lagi. 

Selain itu, ia menambahkan, hubungan yang dijalin tidak hanya pada saat di kantor saja namun juga ketika berada di lapangan, ia berusaha untuk menjalin hubungan baik dengan siapa saja tanpa membedakan golongan karena menurutnya semua orang memiliki kelebihan masing-masing.

“Kita harus dekat dengan siapapun tanpa membedakan golongan karena semua orang mempunyai kelebihan masing-masing. Di samping itu, jangan sekali-kali menyakiti sesama," sambungnya

Dikenal sebagai camat yang tidak pernah tidur, Imran Rafi’i memperoleh  banyak prestasi membanggakan selama menjabat sebagai Camat Patamuan dalam kurun waktu dua tahun belakangan ini, di antaranya menjadi camat terbaik pada tiga kompetisi, Kecamatan Patamuan menjadi kecamatan terbaik dalam perlombaan didikan subuh tingkat Kabupaten Padang Pariaman sehingga menjadi perwakilan pada tingkat provinsi, dan juara umum Jambore Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) tingkat Kabupaten Padang Pariaman.

Dengan kepemimpinan yang selalu mengayomi, baik dalam menyelesaikan permasalahan maupun dalam membimbing masyarakat, Imran mendapat sebagai gelar camat ninik-mamak.

Tidak itu! Dalam bertugas, Camat Imran selalu mendapat dukungan penuh dari isteri tercinta, Erita SMHk, baik secara moril maupun ikut melakukan pembinaan ke tengah masyarakat.

Meskipun sering berpindah tempat tugas, namun goresan prestasi dan kesan atas kepemimpinannya tetap hidup di tengah masyarakat yang pernah ia pimpin

Imran Rafi”i > Sinarmu Patamuan, bersinar akhlaknya, bersinar pemerintahannya, bersinar masyarakatnya. (R/ZT)

Posting Komentar

0 Komentar