Pariaman, CanangNews -- Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Padang Pariaman Yurisman SP MM menyatakan, ketersediaan pangan berupa beras di Bumi Saiyo Sakato mencukupi sampai 3 bulan ke depan.

Menjawab pertanyaan wartawan, Rabu (1/4/2020) di kantornya, Pariaman, Yurisman menjelaskan,  pada bulan  Maret 2020 produksi beras sebanyak 12.855 ton, sedangkan bulan April ini diprediksi 12.625 ton dan bulan Mei sebanyak 15.361 ton. Kalau ditotal berjumlah 40.841 ton.

"Dengan jumlah penduduk lebih kurang 450 ribu jiwa, kebutuhan beras masyarakat kita sekitar 4.050 ton per bulan. Artinya, kita memiliki surplus beras yang terdistribusi pada para pedagang pengumpul / heler," ujarnya.

Ia juga menyebutkan, dalam situasi pandemi Corona Virus Desease (Covid)-19 ini, pertanian tetap berproduksi. 

Di samping itu, dalam situasi tidak menentu seperti saat ini, dia meminta petani untuk tidak menjual seluruh hasil pertanian, tetapi menyimpannya sebahagian sebagai cadangan pangan keluarga.

"Untuk menambah perekonomian sekaligus konsumsi keluarga, masyarakat kita harapkan dapat memanfaatkan lahan pekarangan untuk ditanami tanaman berumur pendek dan cepat menghasilkan seperti terong, cabe, tomat, kunyit dan serai, pinta birokrat muda usia alumni Fakultas Pertanian Universitas Andalas ini. (BNU/ZT)