AGAM, -Tim komunikasi dan hubungan masyarakat Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTP2) Covid-19 Kabupaten Agam gencarkan sosialisasi di berbagai media dengan melibatkan seluruh unsur masyarakat.
Optimalisasi sosialisasi, menjadi salah satu kunci penting dalam upaya membangun pemahaman bersama untuk memutus mata rantai penyebaran pandemic Covid-19 di Kabupaten Agam. Melalui penyebarluasan informasi, sosialisasi dan instruksi Bupati Agam, saat ini, secara gencar juga dilakukan pemberitaan berbagai kegiatan masyarakat yang secara mandiri melakukan aksi sosial mengantisipasi penyebaran Covid-19.
Upaya itu dirumuskan dalam pertemuan khusus tim komunikasi GTP2 Covid-19 Agam dipimpin Asisten I Sekab Agam Rahman, didampingi Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Sekab Agam Khasman Zaini di ruang kerja Asisten I Sekab Agam, Senin (30/3).
Menurut Rahman, peran tim komunikasi GTP2 Covid-19 Agam untuk menyampaikan berbagai informasi penting terkait pandemic Covid-19, langkah yang dilakukan dalam upaya percepatan penanganan oleh pemerintah, termasuk membangun opini bersama masyarakat untuk satu visi dalam bersikap menghadapi potensi penyebaran Covid-19 di daerah itu.
Hal itu, ulas Rahman penting, mengingat pandemic Covid-19, bencana dunia yang tidak kasat mata, sehingga upaya penanganan harus dibangun bersama seluruh elemen yang ada, bahkan peran masyarakat justru menjadi penentu.
“ kita mendorong pemahaman bersama itu melalui penyajian data, informasi kegiatan dan langkah-langkah yang harus dilakukan untuk bersama mengantisipasinya di lapangan, “ tegas Rahman.
Disisi lain, menurut Khasman Zaini, terkait kegiatan tim komunikasi-sosialisasi GTP2 Covid-19 Agam, pihaknya sudah melakukan serangkaian langkah sosialisasi, kegiatan jumpa pers serta aktivitas lain yang disebar luaskan melalui berbagai media, baik media konvensional, media cetak, elektronik, online, media sosial, dan media luar ruang.
“ Kita akan terus maksimalkan berbagai sosialisasi dan menginformasikannya. Masyarakat diharapkan juga ikut berperan menindaklanjutinya dengan aktivitas siaga penyebaran Covid-19 di lapangan, “ ulas Khasman Zaini lagi.
Tim komunikasi-sosialisasi GTP2 Covid-19 Agam terdiri dari personil dari berbagai OPD Pemkab Agam itu. Secara intensif setiap hari, tim ini melakukan pembahasan sekaligus penyebarluasan informasi terkait langkah antisipasi penyebaran Covid-19 di Kabupaten Agam. (BJR)