Puskesmas Manggopoh Kecamatan Lubuk Basung, Kabupaten Agam melayani masyarakat dengan menerapkan social distancing guna memutus rantai penularan Covid-19 di wilayah kerjanya.
Dari pantauan di lapangan, pelayanan dilaksanakan di luar gedung puskesmas.
“Kita bikin tenda agar pasien tidak berdesakan masuk ke puskesmas. Jadi transit dulu,” ujar Kepala Puskesmas Manggopoh, Ns. Lidia Ira Wati, S. Kep, Selasa (31/3)
Sebelum pemeriksaan pasien terlebih dahulu diarahkan untuk mencuci tangan oleh petugas. Kemudian dilanjutkan dengan cek suhu badan.
Disebutkan, kegiatan ini dilaksanakan mengingat semakin mewabahnya Virus Corona.
“Cara ini kita lakukan untuk memutus mata rantai covid-19. Apalagi di Sumbar sudah ada beberapa orang yang positif corona,” jelasnya.
Ira juga mengimbau, agar masyarakat tidak terlalu panik dengan penyakit tersebut. Ia meminta masyarakat untuk selalu mematuhi apa yang menjadi anjuran pemerintah. Diantaranya, menghindari kerumuman, jaga jarak interaksi sosial dan jangan membuat kegiatan yang menghadirkan orang banyak. Sementara itu, bagi pasien yang tidak mendesak ke puskesmas mereka bisa konsul melalui bidan desa yang ada di daerah masing-masing.
“Begitu juga kita anjurkan apabila ada masyarakat yang pulang dari rantau agar keluarganya segera melaporkan ke jorong, bidan desa atau wali nagari dan lakukan isolasi mandiri di rumah selama 14 hari,” jelasnya menambahkan.