Pemkab Padang Pariaman Siapkan Rusunawa sebagai Ruang Perawatan Pasien Covid-19 - CANANG NEWS

Breaking

Jumat, 27 Maret 2020

Pemkab Padang Pariaman Siapkan Rusunawa sebagai Ruang Perawatan Pasien Covid-19


Parikmalintang, CanangNews -- 
Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Padang Pariaman Jonpriadi meninjau rumah susun sederhana sewa (rusunawa) yang berlokasi di depan Mapolres, Parikmalintang, Jum'at (27/3/2020). Rusunawa itu berkapasitas 60 kamar dengan tempat tidur yang tersedia sebanyak 30 unit. 

Sebelumnya, rusunawa ini pernah dipergunakan untuk penginapan wasit pada saat Pekan Olahraga tingkat Provinsi (Porprov) Sumbar  XV, November 2018.

Dalam peninjauan itu, Jonpriadi yang juga Sekdakab Padang Pariaman  didampingi Direktur RSUD Padang Pariaman dr Lismawati SpPA, Kepala Diskominfo Zahirman dan Kabag Humas Protokol Anton Wira Tanjung. 

Kepada wartawan ia  mengatakan, melihat fasilitas, akses ke RSUD dan jauh dari pemukiman warga, rusunawa ini layak sebagai tempat ruang perawatan jika seandainya ada yang terpapar positif covid-19. 

"Penyiapan rusunawa ini sebagai langkah antisipasi dan bentuk keseriusan kita dalam menangani penanggulangan wabah covid-19 di Kabupaten Padang Pariaman," ujar Jonpriadi. 

Sedangkan Direktur RSUD Padang Pariaman dr.Lismawati SpPA menyebutkan, pihaknya akan siapkan peralatan pendukung.  Di antaranya tabung oksigen, instalasi respirator, peralatan medis serta mobil ambulans yang stay khusus untuk pasien terpapar covid-19 saja.

Menanggapi hal itu Sekdakab Jonpriadi menambahkan, pihaknya telah mencairkan dana tanggap darurat sebesar Rp700 juta untuk tahap awal dan bisa digunakan untuk pembelian peralatan medis maupun langkah penanganan lainnya.

"Jika masih kurang kita bisa cairkan lagi. Kita punya cadangan dana darurat jika diperlukan dapat dicairkan tapi harus selektif mengingat dana cadangan ini paling jelimet pertanggungjawabannya. Namun, asalkan kita laksanakan sesuai ketentuan yang berlaku, dana cadangan ini sangat membantu pemerintah dalam mengatasi  pernaslahan kedaruratan," katanya lagi. (R/ZT)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar