Laksanakan PIS-PK, Dinkes Padang Pariaman Tangani Perempuan Tua Penderita Stroke

0

Rimbo Kalam, CanangNews -- Atas perintah Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Padang Pariaman Drs H Yutiardy Rivai Apt, Kepala Bidang Kesehatan masyarakat  Nurhayati Mila SSiT MARS bersama Kepala Puskesmas Anduring Afrita Sefen SKM mengunjungi Liana 77 tahun, penderita stroke, yang tinggal di rumah kayu tua dan lapuk bersama saudara sepupunya, Hasan Basri 76 tahun, Jumat (13/3/2020) . Hasan sendiri pun buta sejak berusia 13 tahun tetapi ia kenal lika-liku ruangan dalam rumah dan  lingkungan sekitar. 

Rumah yang ditempati.Liana berlokasi di Dusun Sakayan Jambak, Korong Rimbo Kalam, Nagari Anduriang, Kecamatan 2x11 Kayutanam. Untuk mencapai rumah tersebut harus berjalan kaki sekira 300 meter meniti pematang sawah seturun dari mobil. 

Perintah Kadinkes Yutiardy untuk mengunjungi Liana, kata Mila yang didampingi Sefen, karena ada informasi bahwa perempuan tua itu akan dikunjungi Anggota DPR RI Ade Rizki Pratama, Sabtu (14/3/2020). 

"Sebelumnya kami telah mengunjungi Bu Liana secara rutin sejak beliau sakit tahun 2018. Kunjungan tersebut sebagai bagian dari Program Indonesia Sehat Pendekatan Keluarga (PIS-PK)," ujar Mila yang dibenarkan Sefen. 

Menurut Sefen, ia bersama Tim Medis Puskesmas Anduriang melakukan pemantauan kesehatan dan memberikan pengobatan secara periodik. "Karena faktor usia dan stroke yang dideritanya, Bu Liana butuh bantuan orang lain untuk kebutuhan makan dan perawatan dirinya." 

Di sisi lain, Liana masih memiliki daya ingat yang kuat alias tidak pikun. Ini diketahui ketika wartawan mengajukan pertanyaan. Liana menjawab dengan baik. 

Liana mengaku punya seorang anak laki-laki berusia 50 tahun. Namun, karena sibuk dengan untung perasaian pula menafkahi isteri dan tiga anak di Korong Asam Pulau, si anak jarang membezuk Liana. 

Dalam kunjungan tersebut, Mila mengajak stafnya - Yani Agustian SKM. Begitu pula Afrita Sefen, juga mengajak dua tenaga medis Puskesmas Anduriang. Sedangkan Walinagari Anduriang Sawiruddin, Walikorong Rimbo Kalam Miki Candra dan Bidan Desa setempat ikut bergabung. (ZT)




Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top