Tuapeijat Canangnews ,Dinas Pertanian dan ketahanan pangan Daerah Kabupaten Kepulauan Mentawai merespon baik para petani yang menginginkan bantuan untuk menggarap sawah juga bercocok tanam untuk menambah ekonomi masyarakat Mentawai .

Hal tersebut disampaikan Ahimas Saogo pada saat menjawab keluhan, permintaan, serta usulan warga melalui kepala desa pada saat Musrenbang tingkat kecamatan berlangsung didua tempat yakni Sikabaluan Kecamatan Siberut Utara serta Simalegi Betaet Kecamatan Siberut Barat .

"Kita tidak menolak permintaan dari masyarkat yang membutuhkan bantuan untuk ketahanan pangan serta kelangsungan hidup untuk itu kita melihat kondisi dilapanga seperti apa sehingga kita dapat menyesuaikan apa yang semestinya patut kita bantu ungkapnya kepada Canangnews saat dimintai keterangan di ruang kerjanya Senin 9/3/20.

Dirinya juga menambahkan bahwa ada dua desa tertinggal yang juga perlu didukung untuk itu perlu adanya usulan yang bertautan sehingga semuanya dapat kita berikan terlebih hentraktor pembajak sawah yang saat ini ada sepuluh unit untuk di serahkan kepada masyarakat khususnya petani .

Dilanjutkannya ,banyak sekarang lahan yang tidur yang tidak dipergunakan untuk itu ada baiknya kita sebagai pengada memberikan yang terbaik supaya lahan tersebut difungsikan dnegan dibantu bibit .

Bukan hanya itu saja dirinya juga memberikan arahan mengenai penanganan serta tata kelola lahan supaya baik untuk ditanami demi kelangsungan hidup mereka .

"Kita juga akan tugaskan disetiap kecamatan sebanyak dua orang sebagai tenaga penyuluh pertanian bertugas sebagai motufator sekaligus pengarah supaya jalan dan lancar dalam pelaksanaan taninya .

Selain itu Ahimas juga meminta masyarakat untuk memetakan lahannya bisa memberikan usulan terkait ternak sehingga kedepan tidak ada lagi kesulitannya yang diperoleh ketikan pengadaan dilakukan.

Ia berharap lahan yang dipetakan tidak bermasalah seperti hutan produksi supaya pelaksanan juga menjadi lancar dan menjamin kesejahteraan petani .(Johan)