AGAM, CanangNews – Akhir-akhir ini destinasi wisata di Kabupaten Agam semakin diminati oleh wisatawan, terutama objek wisata Sajuta Janjang yang berada di Lereng Gunung Singgalang, Nagari Pakan Sinayan, Kecamatan Banuhampu.

Sajuta Janjang merupakan objek wisata baru di daerah itu, yang tidak kalah menarik dibanding wisata lain di Sumatera Barat. Meski terbilang baru, tetapi kunjungan ke great wall nya Agam ini cukup tinggi.

Hari ini, Sabtu (1/2) Sajuta Janjang menjadi tujuan bagi Bupati Agam, Dr. H. Indra Catri bersama pimpinan OPD beserta jajaran dan masyarakat, dalam melaksanakan kegiatan jalan pagi. Ini sebagai upaya untuk mempromosikan Sajuta Janjang agar lebih diketahui oleh masyarakat secara luas. Setidaknya ratusan peserta mengikuti kegiatan ini.

Sebelumnya rombongan melaksanakan shalat subuh berjamaah di Masjid Jami’ Nagari Pakan Sinayan. Peserta mulai bergerak ke Sajuta Janjang sekitar pukul 06.00 WIB, dengan penuh canda gurau di bawah gumpalan kabut yang menghiasi suasana di lereng Gunung Singgalang ini.

Menurut Kepala Disparpora Agam, Syatria bahwa kegiatan ini tidak hanya sekedar berwisata saja, tetapi juga bagaimana menjadikan tubuh lebih sehat melalui olahraga jalan pagi di Sajuta Janjang ini.

“Dikala cuaca bagus pengunjung dapat menikmati keindahan alam membentang luas yang terlihat jelas dari Sajuta Janjang,” ujarnya.

Sesuai tagline Ayo ke Agam, jalan pagi di Sajuta Janjang sebagai upaya untuk menarik wisatawan berkunjung. Karena di objek wisata satu ini selain bisa berolahraga, pengunjung disuguhkan dengan pemandangan yang akan memanjakan mata seperti Gunung Marapi, Kota Bukittinggi, Ngarai Sianok dan lainnya.

Tidak hanya itu, Syatria memaknai kegiatan ini juga sebagai ajang silaturahim antar sesama ASN dan masyarakat. Sehingga hubungan kekeluargaan di daerah itu tetap terjaga sampai kapanpun.

Bupati Agam, Dr. H. Indra Catri menyebutkan, objek wisata ini sangat spektakuler, yang memberikan tantangan untuk bisa sampai ke puncak. Meski membutuhkan fisik yang ekstra, tetapi ia mengakui Sajuta Janjang tidak kalah menarik dari wisata lainnya.

Menurut Indra Catri, selain menjadi destini wisata keluarga, Sajuta Janjang juga sangat cocok dijadikan sebagai sport tourism, karena medan yang dimiliki sangat mendukung. Apalagi saat cuaca cerah, pengunjung dapat menikmati keindahan alam yang membentang. (BJR)