AGAM, -Tim Agam siaga Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) terus melakukan aksi penyemprotan disinfektan di berbagai wilayah di Kabupaten Agam. Hal ini sebagai langkah untuk mencegah penyebaran corona virus yang lebih luas. Penyemprotan tersebut telah dilaksanakan sejak beberapa hari belakangan. Bahkan sampai saat ini permintaan cukup tinggi dari wali nagari, masyarakat dan pengurus masjid.
Hari ini, Rabu (25/3) tim Agam siaga Covid-19 melaksanakan penyemprotan di Nagari Koto Tangah, Kecamatan Tilatang Kamang. Tim beranggotakan delapan orang dari BPBD dan Satpol PP Damkar, dengan memanfaatkan dua unit alat semprot.
“Fasilitas yang disemprot seperti rumah ibadah, perkantoran, sekolah dan pasar,” ujar Kepala Satpol PP dan Damkar Agam, Kurniawan Syah Putra.
Setelah ini, katanya penyemprotan akan dilanjutkan oleh wali nagari dan perangkat serta wali jorong terhadap warung-warung yang ada di nagari itu. Pihaknya sudah meninggalkan secukupnya cairan induk campuran yang akan digunakan.
“Disinfektan disemprotkan hanya bertahan delapan jam. Maka setiap penyemprotan kita selalu memberitahukan masyarakat bagaimana pola membuat dan takaran adukan cairannya. Dalam hal ini kita memanfaatkan bayclin sebagai cairan induk campuran,” jelasnya.
Dalam penyemprotan ini, disebutnya sudah banyak masyarakat yang melaksanakan secara mandiri. Ini membuktikan kesadaran masyarakat akan pencegahan penyebaran Covid-19 sangat tinggi.
Meski demikian, pihaknya selalu mensosialisasikan kepada masyarakat agar tidak ada yang beraktivitas di luar rumah apabila tidak terlalu penting.
“Kegiatan ini akan terus dilaksanakan untuk memaksimalkan pencegahan penyebaran Covid-19, dalam rangka memutus mata rantai virus tersebut,” terang Wira.
Hari ini tim Agam siaga Covid-19 akan memaksimalkan penyemprotan di Kecamatan Tilatang Kamang. Setelah Nagari Koto Tangah, dilanjutkan di Nagari Kapau. Sedangkan besok dilaksanakan di Kecamatan Baso. (BJR)