Wujudkan Data yang Akurat, Bappeda Agam Sosialisasikan Pengumpulan Data Statistik Sektoral

0



AGAM, -Pemerintah Kabupaten Agam melalui Bappeda menggelar sosialisasi pelaksanaan pengumpulan data statistik sektoral yang diikuti perwakilan seluruh OPD, Jumat (14/2/20).

Kegiatan yang digelar sehari itu menghadirkan narasumber dari BPS Kabupaten Agam, Adek Budiman dan Kadis Kominfo Agam Fauzan Hutasuhut.

Kepala Bappeda Agam Welfizar, mengatakan melalui kegiatan tersebut diharapkan peserta dapat meningkatkan kemampuan dalam menghasilkan data dan menggunakan data indikator statistik untuk pengambilan kebijakan di masing-masing OPD.

“Melalui kegiatan ini kita satukan pemahaman akan pentingnya menyajikan data yang akurat, mutakhir, terpadu dan dapat dipertanggungjawabkan serta mudah diakses,” ujar Welfizar.

Selain itu, dukungan ketersediaan data statistik yang berkualitas juga menjadi hal utama dalam melakukan perencanaan dan perumusan kebijakan, alat kontrol terhadap implementasi perencanaan, termasuk kebijakan alat yang bersifat evaluasi.

Sementara itu, Narasumber Adek Budiman dalam penyampaian materinya mengatakan, bahwa tidak semua data dapat dipenuhi oleh BPS. Pasalnya, statistik dasar diselenggarakan BPS sedangkan statistik sektoral diselenggarakan oleh isntansi pemerintah sesuai tupoksinya.

Untuk itu, ia meminta Dinas Kominfo yang nantinya (tahun 2020) sebagai leading sektor pengelolaan data statistik sektoral di lingkungan Pemerintah Kabupaten Agam, perlu menunjuk koordinator untuk memudahkan pengumpulan data statistik. (BJR)

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top