Distan KP Padang Pariaman Lakukan Operasi Pasar Bawang Putih

0

Pakandangan, CanangNews -- Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Distan KP) bekerjasama dengan Dinas Pangan Provinsi Sumatera Barat melakukan operasi pasar untuk komoditi bawang putih . Operasi pasar ini dilaksanakan pada 2 titik, Pasar Pakandangan dan Pasar Gasan, Kamis (20/2/2020).

Kepala Distan KP Padang Pariaman Yurisman SP MM menyebutkan, operasi pasar ini dilaksanakan karena 2 minggu terakhir ini di Provinsi Sumatera Barat harga bawang putih berada pada kisaran Rp.50.000 s/d Rp60.000, perkilogram. Begitupun di Kabupaten Padang Pariaman, harga rata-rata bawang putih di atas Rp. 50.000.  Pada hari-hari biasa harga bawang putih hanya pada kisaran Rp20.000, s/d Rp30.000 perkilogram. 

"Sesuai dengan ketentuan, operasi pasar dapat dilaksanakan jika kenaikan harga sudah melebihi 25%. Jika harga bawah putih ini terus naik, maka akan memicu kenaikan inflasi. Berdasarkan data Bank Indonesia untuk Provinsi Sumatera Barat di bulan Januari inflasi sudah mencapai 0,6 %," ujar Yurisman.  

Kegiatan Operasi Pasar Bawang Putih di Pasar Pakandangan turut dihadiri oleh Asisten Pembangunan Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman Hj Nety Herawati SE MM.  Ia mengingatkan, operasi pasar ini tepat sarasan dan dapat meningkatkan daya beli masyarakat. 

Masyarakat Kabupaten Padang Pariaman cukup antusias dengan operasi pasar ini, karena bawang putih dijual dengan harga Rp. 32.000,- per kilogram. 

Dalam operasi pasar ini Dinas Pangan Provinsi Sumatera Barat melalui Toko Tani Indonesia Center (TTIC) menyalurkan 1 ton bawang putih. Dengan  operasi pasar ini dapat mengendalikan / menstabilkan harga bawang putih di pasaran. (ZT) 

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top