Subscribe Us

header ads

Danramil 03 Sipora Berikan Materi Wawasan Kebangsaan Kepada Murid dan Guru SMKN 1 Saureinuk

Tuapeijat Canangnews,Sebanyak 60 orang siswa dan guru SMKN 1 Saureinuk  ikuti Sosialisasi wawasan kebangsaan dgn materi nilai-nilai Pancasila yang berlangsung di gedung aula Sekolah SMKN 1  Saureinuk Kecamatan Sipora Selatan .

Komandan Rayon Militer (Koramil Kapten Inf J Sihaloho dalam kegiatan tersebut ikut turut sebagai narasumber giat yang hari ini dilaksanakan .

"negara negara di dunia internasional berbeda-beda dasar-dasar ideologi bangsanya ada negara super power america dan ada negara islam di Arab saudi dan suriah dan ada negara komunis di Cina dan Rusia atau Soviet " katanya Kamis 20/2/20.

Dilanjutkan dia, bangsa indonesia berbeda dgn bangsa lain dasar ideologi bangsanya bahkan bangsa lain ingin mencontoh salah satu ideologi bangsa kita itupun tdk berhasil terlebih pada Pancasila,Undang Undang Dasar 1945,serta Negara Kesatuan Repoplik Indonesia.ucap dia.

"salah satu ideologi ini bangsa lain gagal memasukan ideologi bangsanya,baik negara negara bangsa islam juga demokrasi liberalisme dan komunisme
Indonesia sudah lama menganut ke BHINEKAAN TUNGGAL IKA semenjak kerajaan sriwijaya dan mojopahit" ucap Sihaloho tuturnya .

Dilanjutkan dia ,Sebelum merdeka  bangsa indonesia sudah berkuasa di asia tenggara meliputi malaysia,piliphina dan semenanjung korea oleh kerajaan terbesar di Asean yaitu kerajaan sriwijaya dan kerajaaan mojopahit sambung Kapten Sihaloho .

"dimana kerajaan mojopahit membantai pasukan kaisar mongolia di selat sunda pasukan kubailaikkan oleh pasukan garuda mojopahit di perairan selat malaka dekat malaysia"ucapnya 

Danramil J Sihaloho menambahkan ,bahwa pasukan garuda adalah  lambung bhinneka tunggal ika dengan  lambang burung garuda pancasila di mana kekuatan bangsa indonesia bertumpu pada kebinneka tunggal ika yg berbeda beda suku ,dan budaya,adat istiadatnya  sambungnya .

"dan penduduk mendiami di pulau besar dan kecil dan pulau terluar dan hidup sesuai kondisi alam nya yaitu manusia di pinggir sungai,danau dan manusia yg hidup di pulau-pulau kecil" tambah dia 

Lanjut kata danramil,hal ini perlu kita cermati dan kita pahami sumber kekuatan kita yg sangat besar dan mutakhir di bidang ketahanan bangsa,baik dalam  kekuatan serdadu-serdadu kerajaan indonesia kerajaan sriwijaya dan mojopahit di asia tenggara sambungnya .

"Terlebih  pada saat itu,untuk itu marilah  kita bahas salah satu ideologi bangsa kita yaitu pancasila,UUD 1945 dan bhinneka tunggal ika " lanjut dia.

Danramil 03 pulau sipora juga  akan memberikan sosialisasi di bidang materi pancasila secara lebih mendalam dengan menguraikan point sila-sila kelima dengan menjabarkan dan memaparkan kepada anak-anak siswa/siswi SMK .

"semua sila sila terkandung dalam pancasila intinya adalah point ke 2(dua) yaitu kemanusiaan yg adil dan beradab,inilah merupakan sumber hukum dan segala hukum baik sebagai perekat utk pemersatu anak anak bangsa juga pembangunan jangka panjang di bidang ideologi bangsa yg mencakup SDA nya dan SDM nya " tutur dia.

Dirinya juga menegaskan kapada semuanya akan fungsi agama dengan demikian rasa kemanusiaan yg beradab ada dalam lubuk hati seseorang  serta berharap materi tersebut dapat dipahami dengan baik oleh anak bangsa .( Johan)

Posting Komentar

0 Komentar