Subscribe Us

header ads

Bupati: Sensus Penduduk Kunci Utama Sukseskan Pembangunan



AGAM, -Bupati Agam diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Agam Martias Wanto Dt. Maruhun mengatakan kebutuhan akan data yang valid merupakan kunci utama kesuksesan pembangunan. Dengan data yang berkualitas, perencanaan pembangunan menjadi lebih tajam dan lebih tepat sasaran.

Hal itu disampaikan Sekretaris Daerah Kabupaten Agam Martias Wanto, saat membuka rapat koordinasi (Rakor) Pencanangan Pelaksanaan Sensus Penduduk 2020 di Hotel Sakura Syari’ah Lubuk Basung, Senin (17/2/20).Menurut Martias Wanto, data penduduk merupakan data dasar untuk membuat perencanaan di berbagai bidang.

“Saya sangat berharap sensus penduduk 2020 yang dilaksanakan sepuluh tahun sekali ini, bisa menghasilkan data yang akurat untuk keberhasilan perencanaan pembangunan daerah khususnya di Kabupaten Agam,” kata sekda.

Pihaknya merasa bangga dengan inovasi yang telah dikerjakan BPS dalam sensus penduduk 2020 kali ini. Seperti memanfaatkan data adminduk sebagai pelaksanaan sensus penduduk 2020.

“Saya mengajak seluruh masyarakat untuk berpartisipasi dalam sensus baik online dan wawancara pada tanggal 15 Februari sampai 31 Maret 2020,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala BPS Kabupaten Agam, Evi Junaidi mengatakan tujuan dari kegiatan ini untuk menyediakan data jumlah, komposisi, distribusi, dan karakteristik penduduk Indonesia menurut de facto dan de jure. Sekaligus menyediakan parameter demografi serta karakteristik penduduk lainnya untuk keperluan proyeksi penduduk.

Dijelaskan lagi, sensus penduduk 2020 akan menggunakan metode kombinasi yaitu memanfaatkan data adminduk dan berbagai jenis pengumpulan data serta memanfaatkan teknologi informasi.

Sedangkan tahapan pelaksanaannya dilakukan dua periode. Pertama secara online dimulai 15 Februari hingga 31 Maret 2020. Seluruh penduduk Indonesia dapat secara aktif mengisi data kependudukannya secara mandiri melalui halaman website: sensus.bps.go.id.

Kegiatan dihadiri camat dan walinagari se-Kabupaten Agam, Kepala OPD serta Forkopimda Plus. (BJR)

Posting Komentar

0 Komentar