PADANG PARIAMAN, CanangNews -- Pernyataan bakal calon Bupati Padang Pariaman pada pilkada ahun 2020 ini, Bagindo Yohanes Wempi akan melakukan pemekaran Kabupaten Padang Pariaman menjadi dua bagian yaitu Padang Pariaman Utara dan Padang Pariaman Selatan. 

Tidak main-main, malahan gagasan tersebut dilontarkannya pada saat melakukan silaturrahim di Pasa Sungai Geringging dan di Batu Basa Jumat, (17/1/2020) lalu, di depan sejumlah tokoh masyarakat yang ada di kawasan tersebut.
 
 "Gagasan untuk melakukan pemekaran Kabupaten Padang Pariaman bukan sekedar isu atau opini saya menjelang pilkada (pemilihan kepala daerah - red). Ini sudah dilakukan kajian dan penelitiannya serta  wawancara langsung dengan masyarakat Padang Pariaman, terutama daerah utara seperti Gasan, Aur Malintang, Sungai Geringging, Sungai Limau dan Kampung Dalam," ucap Bagindo Yohanes Wempi, anggota DPRD Kabupaten Padang Pariaman periode 2009-2014 ini di hadapan tokoh-tokoh masyarakat.
 
 Disebutkannya, untuk memperkuat pemekaran dua daerah Padang Pariaman tersebut, ia  sudah menuangkan ide dan fakta-faktanya dalam bentuk beberapa tulisan diantaranya, sejahterakan masyarakat, Padang Pariaman dimekarkan, atau Padang Pariaman Utara jauh tertinggal, solusi pemekaran dilakukan. 
 
 "Dari data penelitian dan survey yang dilakukannya ada sekitar 80 persen sampai 90 persen masyarakat Padang Pariaman wilayah utara menginginkan dilakukan pemekaran. Sebab, daerah ini jauh dari  Ibu Kota Kabupaten (IKK) di Parik Malintang dibatasi pula oleh Kota Pariaman," tambah Tokoh Muda Milenial Sumatera Barat yang selalu eksis memuat ide,tulisan dan gagasannya di media sosial ini. 
 
 Pada kesempatan pertemuan di daerah utara tersebut tampak  hadir Uncu Tarmizi, Kapalo Pasa Sungai Geringging, Ninik Mamak Batu Basa dan tokoh lainnya. Pada petemuan tersebut disepakati  bahwa jika pada pilkada 2020 ini  Bagindo Yohanes Wempi terpilih jadi Bupati Padang Pariaman, maka dalam RPJMD dan Program akan langsung dibuat persiapan pemekaran daerah tersebut.
 
 "Di antara langkah tercepat adalah akan dibentuk tim kajian dari tokoh lintas keahlian di Padang Pariaman," tutur Bagindo Yohanes Wempi. 
 
 Sementara itu, seorang Tokoh Masyarakat Utara Padang Pariaman, Uncu Tarmizi, mengatakan gagasan Bagindo Yohanes Wempi untuk memekarkan daerah Padang Pariaman sangat bagus. Sebab, dengan mekarnya daerah ini akan membangkitkan pembangunan, bahkan perekonomian masyarakat bisa menggeliat dibuatnya. 
 
 "Dilihat dari ungkapan, apalagi Bagindo Yohanes Wempi diminta DPD PKS Padang Pariaman maju di Pilkada Tahun 2020 ini sangat serius dan komitmen melakukan pemekaran, menurut penglihatan kami bahwa Bagindo Yohanes Wempi tidak main-main dengan gagasan pemekaran Kabupaten Padang Pariaman ini. [***]