Peringatan HGN Ditandai Pengukuhan Duta Gizi Siswa MTsN - CANANG NEWS

Breaking

Rabu, 29 Januari 2020

Peringatan HGN Ditandai Pengukuhan Duta Gizi Siswa MTsN


Pauhkamba, CanangNews -- Kegiatan peringatan Hari Gizi Nasional (HGN) ke-60 tahun 2020 tingkat Kabupaten Padang Pariaman berlangsung di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 02 Padang Pariaman sebagai wilayah kerja Puskesmas Pauhkamba,  Kecamatan Nan Sabaris,, Rabu (29/1/2020),

Pada kesempatan itu dilaksanakan pengukuhan Duta Gizi, Kampanye Gizi Seimbang, Kampanye Germas Hidup Sehat pada Remaja, Pencanangan Komitmen oleh Kepala Sekolah MTSN 02 Padang Pariaman, Penyuluhan  Sarapan Sehat serta bagi-bagi buah dan sayur kepada siswa MTSN 02. 

Peringatan HGN ke-60 ini bertema "Gizi Optimal untuk Generasi Milenial". Guna mewujudkan generasi milenial yang sadar gizi ini telah dilaksanakan sejumlah kegiatan tingkat kecamatan. 

 Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan H Yutiardy Rivai yang diwakili Sekretaris Dinkes H Firdaus, Kabid Kesmas Hj Nurhayati Mila SKM MARS,  Kasi Kesga Gizi, Pengelola Gizi, Kepala Puskesmas Pauh Kambar beserta petugas gizi dan tim serta Kepala MTsN 02 beserta jajaran. 

Kepala Dinas Kesehatan menyebutkan, tujuan peringatan HGN  ke-60 ini antara lain meningkatkan pengetahuan dan peran aktif masyarakat  khususnya generasi milenial, tentang kesehatan dan gizi, menyebarluaskan informasi dan promosi kepada masyarakat tentang pentingnya gizi yang optimal dalam pembangunan SDM yang berkualitas.

Selanjutnya, meningkatkan peran media massa dalam kampanye gizi remaja sebagai salah satu upaya penanggulangan stunting, meningkatkan komitmen dan kerja sama antara pemerintah, baik sektor kesehatan maupun non kesehatan, di tingkat pusat, provinsi, kabupaten/kota serta swasta dalam kesehatan dan gizi. 

Rangkaian kegiatan HGN yang dilaksanakan pada MTsN 02 ini di antaranya: pengukuhan duta gizi yang telah dibentuk pada madrasah ini yang akan bertugas sebagai motivator dan contoh untuk siswa-siswi lainnya di lingkungan madrasah, serta mengajak generasi milenial supaya sadar gizi. 

"Kita sangat mengapresiasi madrasah ini. Melalui duta gizi kita bisa ciptakan generasi yang sehat,  bebas anemia dan berprestasi tinggi," kata Kadinkes sebagaimana dikemukakan Sekdinkes Firdaus. 

Pengukuhan duta gizi (8 orang) ditandai dengan pemasangan pin dan selempang duta gizi oleh Kepala Dinas Kesehatan yang didampingi Kabid Kesmas, Kepala MTsN, Kepala Puskesmas, Kasi dan Pengelola Gizi. Selain itu juga diadakan pencanangan dan komitmen Kepala MTsN 02 yang akan melaksanakan kegiatan sarapan sehat bersama pada siswa-siswi madrasah tersebut. (Ferawati SGz /.ZT) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar