Subscribe Us

header ads

Pemkab Agam Peringati HAB Kementerian Agama ke-74


Agam, CanangNews--Pemerintah Kabupaten Agam menggelar upacara peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) Kementerian Agama ke-74, di halaman kantor bupati, Jum’at (3/1).

Bertindak selaku irup adalah Bupati Agam, Dr. H. Indra Catri. Turut dihadiri Wakil Bupati Agam, Trinda Farhan Satria, Forkopimda, Sekda Agam, Martias Wanto, Ketua GOW Agam, Ny. Candra Trinda Farhan Satria, pimpinan OPD, jajaran Kemenag Agam dan lainnya.

Dalam hal ini, Indra Catri menyampaikan amanat Menteri Agama yang menyebutkan bahwa, hari ini momen memperingati tonggak peristiwa penting. Hari yang mempunyai arti khusus bagi bangsa Indonesia, yang menjunjung tinggi khaidah dan nilai-nilai kehidupan beragama yaitu, Hari Amal Bhakti Kementerian Agama.

Sejalan dengan tema HAB ke-74 yaitu ” Umat Rukun, Indonesa Maju”, Menteri Agama mengajak seluruh jajaran Kementerian Agama agar menjadi agen perubahan dalam memperkuat kerukunan antar umat beragama di tanah air.

“Ini merupakan modal kita bersama untuk membangun negara dan menjaga integritas nasional,” ujar Indra Catri saat sampaikan amanat Menteri Agama.

Disebutkan, Kementerian Agama hadir untuk melindungi kepentingan agama dan semua pemeluk agama. Untuk itu, seluruh jajaran Kementerian Agama harus bisa mengawal dan mengembangkan peran strategis Kementerian Agama secara kontekstual di tengah masyarakat.

Menurutnya, selama tujuh dekade perjalanan sejarah Kementerian Agama banyak perubahan dan kemajuan yang dicapai. Spektrum tugasnya begitu luas diantaranya bimbingan masyarakat beragama, pelayanan nikah serta pembinaan pengelolaan zakat, wakaf dan dana sosial keagamaan lainnya.

Secara khusus, jajaran Kementerian Agama diajak untuk memahami sejarah Kementerian Agama serta regulasi, tugas dan fungsinya dalam konteks relasi agama dan negara. Jaga idealisme, kejujuran, integritas dan budaya kerja di tengah arus kehidupan yang serba materialistis. Kemudian tanamkan niat bahwa bekerja adalah ibadah dan melayani masyarakat suatu kemuliaan.

“Untuk itu saya mengharapkan aparatur Kementerian Agama, agar memberikan seluruh kemampuan yang dimiliki untuk semakin dekat melayani umat dan menjaga nama baik Kementerian Agama,” pintanya. (Bj Rahmat)

Posting Komentar

0 Komentar