AGAM, CanangNews--Komitmen Pemerintah Kabupaten Agam dalam membenahi destinasi wisata, memberikan dampak yang luar biasa terhadap peningkatan pengunjung.

Tercatat, kunjungan wisatawan meningkat sejak 2011 hingga 2019, dengan jumlah 2.248.201 kunjungan, baik nusantara maupun mancanegara.

Peningkatan ini tidak terlepas dari komitmen Pemkab Agam yang terus membenahi destinasi wisata, dengan melengkapi sarana prasara untuk menciptakan kenyamanan pengunjung.

Tidak hanya itu, peningkatan kualitas SDM juga jadi fokus pemerintah. Berbagai bentuk pelatihan-pelatihan dilaksanakan untuk menciptakan pelayanan lebih baik dan memuaskan.

Kepala Disparpora Agam melalui Kabid Pengembangan dan Promosi Pariwisata, Yelidar di ruangan kerjanya, Jum’at (17/1) menyebutkan, selain meningkatkan sarana prasara, upaya lain dilakukan untuk meningkatkan kunjungan adalah mempromosikan wisata melalui poster, media sosial, event dan lainnya.

“Melalui peningkatan sarana prasarana dan promosi yang kita lakukan, kunjungan wisatawan meningkat tiap tahun, yang berdampak langsung kepada peningkatan perekonomian masyarakat Agam,” ujarnya.

Menurutnya, jumlah kunjungan ini tersebar dipuluhan destinasi wisata yang ada di Agam, baik dikelola pemerintah, nagari maupun swasta.
Sesuai tagline Agam Pesona yang Beragam, daerah ini memiliki objek wisata yang lengkap di Sumatera Barat.

Tidak sampai di situ, Agam merupakan salah satu daerah di Sumatera Barat yang memiliki keberagaman Geopark seperti Geosite Maninjau, Sianok dan Tarusan Kamang. (BJR)