PARIKMALINTANG, CanangNews --- Hari ini, Sabtu, 11 Januari 2020, Kabupaten Padang Pariaman genap berumur  187 tahun. Iven hari jadi tersebut diperingati pemerintah kabupaten dengan menggelar rapat paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) di aula kantor bupati, Parikmalintang.

Peringatan Hari Jadi Kabupaten (HJK) Padang Pariaman ke-187 ini merupakan yang ketiga kali semenjak ditetapkan dengan peraturan daerah (perda) nomor 6 tahun 2014. Selain rapat paripurna, pun dimeriahkan berbagai kegiatan seperti bazar dan panggung hiburan semenjak Rabu (9/1/2020). 

Rapat paripurna dibuka Ketua DPRD Arwinsyah ST MT dan dihadiri seluruh anggota, Wakil Gubernur Sumatra Barat (Sumbar) Nasrul Abit, Bupati Ali Mukhni dan Wakil Bupati Suhatri Bur, bupati / walikota se-Sumbar serta sejumlah tokoh nasional asal Sumbar.


Tokoh masyarakat Padang Pariaman yang juga anggota DPR RI H Asman Abnur misalnya, ketika memberikan kata sambutan menyatakan, pada masa kepemimpinan Bupati Ali Mukhni dan Wakol Bupati Suhatri Bur (2016 - 2021) geliat pembangunan di Kabupaten Padang Pariaman terkesan sangat signifikan dirasakan masyarakat.

Selanjutnya Prof Dr H Harry Azhar Aziz, wakil Ketua BPK RI, menyebutkan, geliat pembangunan tersebut dapat dilihat dari angka pertumbuhan ekonomi menurut data BPS kabupaten Padang Pariaman termasuk tertinggi d Sumbar dengan angka 5,47%. Hal ini di atas rata-rata pertumbuhan ekonomi nasional sebesar 5,01%. 

Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni dalam pemaparannya mengungkapkan terimakasih atas dukungan dari berbagai tokoh nasional seperti Letjen TNI (Purn) Ir H Azwar Anas dan Mayjend TNI (purn) Syamsul Djalal  dalam mewujudkan proyek-proyek nasional ditempatkan di Kabupaten Padang Pariaman.

"Kita baru selesai membangun Politeknik Pelayaran dengan nilai Rp2 triliun, selanjutnya asrama haji dengan nilai hampir Rp1 triliun dan kita berharap Tarok City menjadikan kawasan ekonomi khusus yang sedang disusun  master plan-nya oleh kementerian koordinator perekonomian," ulas Ali Mukhni.

Dalam kesempatan tersebut juga hadir Anggota DPD RI Leonardy Harmaini, anggota DPR RI Nevi Zuairina dan Buya Bagindo M .Leter serta tokoh perantau PKDP se-Indonesia.

Usai rapat paripurna hadirin menunaikan shalat dzuhur berjamaah di masjid depan kantor bupati, lanjut makan siang bersama dengan  hidangan nasi bajamba yang dibawa dan dihidangkan oleh Bundo Kanduang dari 103 nagari se-Kabupaten Padang Pariaman. ( AWT / ZT)