Agam, CanangNews--Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Agam, Ny. Vita Indra Catri mengharapkan Kelompok Dasawisma yang sudah jalan dan berhasil, untuk dikembangkan. Selanjutnya diimplementasikan sebagai motor penggerak dalam kegiatan-kegiatan sosial masyarakat terutama dibidang kesejahteraan keluarga. 
“Saya menginginkan Kelompok Dasawisma yang ada dan sudah jalan, agar tidak layu sebelum berkembang,” tegas Ny. Vita, saat memberikan pembinaan kepada Kelompok Dasawisma Kamboja 1 Nagari Sungai Landia Kecamatan IV Koto, Kamis (17/1/20) kemarin.
Apalagi, menurutnya, setelah usainya pelaksanaan Lomba Ketua Kelompok Dasawisma tingkat Kabupaten Agam tahun 2020, dan sudah menentukan pemenangnya. Hal ini ditekankan kepada Kelompok Dasawisma yang sudah menang tetap menjadi menjaga semangat dan kekompakan. Seterusnya menjadi motivasi bagi Kelompok Dasawisma di nagari lainnya untuk lebih meningkatkan kinerjanya dalam melaksanakan peranannya sebagai kader dasawisma.
“Alhamdulillah, dari Kelompok Dasawisma yang berhasil dibina sebagian besar masih tetap eksis. Namun tanggung jawab kita sebagai Tim Penggerak PKK di kabupaten untuk tetap mengingatkan kembali agar tidak terlena dengan kegiatan seremoni saja. Jangan sampai habis acara, kegiatannya juga selesai,” terangnya.
Seperti di Kelompok Dasawisma Bougenvile Nagari Sariak Kecamatan Sungai Pua, tambahnya, keberadaan dan pelaksanaan Dasawisma mereka masih jalan serta terus berupaya mengembangkan inovasi baru dalam implementasi 10 program pokok PKK.
Hal itu dibuktikan sejak hampir setahun terakhir selesai pelaksanaan lomba Kelompok Dasawisma tingkat Provinsi Sumatera Barat. Hasilnya, Kelompok Bougenville memenangkan perlombaan tersebut, baik lomba kategori pelaksanaan Administrasi dan lomba kader berprestasi. Kabupaten Agam pum menjadi pusat percontohan bagi daerah lain.
“Sejak kurang lebih 3 bulan terakhir, kita sudah dikunjungi Kota Padang, Kota Sawahlunto, Kabupaten Sijunjung, Kabupaten Padang Pariaman, Kabupaten Dharmasraya, Kabupaten Pesisir Selatan, Kabupaten Limapuluh Kota, dan Kota Payakumbuh,” imbuh istri orang nomor satu di Agam itu.
Oleh sebab itu, Ny. Vita mengharapkan agar kader-kader PKK maupun kader dasawisma tetap eksis dan menjadi bagian dari kesuksesan pembangunan daerah. 
(Bj Rahmat)