Subscribe Us

header ads

Sambangi Sungai Rangeh, Irwan Prayitno Beri Bantuan Rp 150 Juta


Agam, CanangNews--Bupati Agam, Dr. H. Indra Catri mendampingi Gubernur Sumatera Barat, Prof. Irwan Prayitno meninjau lokasi bencana banjir bandang Sungai Rangeh, Nagari Bayua, Kecamatan Tanjung Raya, Senin (23/12).
Selain Indra Catri, kedatangan orang nomor satu di Sumbar ini juga didampingi Ketua TP-PKK Sumbar, Ny. Nevi Irwan Prayitno sekaligus anggota DPR RI, anggota DPRD Sumbar, Rinaldi, Baznas Sumbar dan lainnya.
Dalam kunjungan ini, Irwan Prayitno menyerahkan bantuan senilai Rp150 juta untuk korban bencana di Kecamatan Tanjung Raya. Termasuk logistik dan perlengkapan shalat.
Dikesempatan itu, Irwan Prayitno mengungkapkan keprihatinannya dengan terjadinya bencana yang melanda Kecamatan Tanjung Raya tepatnya di Sungai Rangeh Bayua dan Tanjuang Sani. Sehingga kejadian ini telah merusak beberapa rumah warga dan sarana lainnya.
“Setelah kita tinjau ke lokasi, Alhamdulillah tidak ada menimbulkan korban jiwa,” ujarnya.
Menyikapi hal ini, pemprov bersama Pemkab Agam bakal melakukan beberapa tindakan tanggap darurat. Salah satunya mengungsikan korban dengan menyewakan rumah untuk tempat tinggal sementara.
“Di samping itu juga akan diupayakan membangun rumah korban di tempat yang lebih aman, supaya persoalan ini bisa diselesaikan satu per satu,” sebutnya.
Kedepan, dikatakan Irwan Prayitno pihaknya bersama Bupati Agam, camat, wali nagari dan jorong mendata rumah yang diperkirakan berpotensi terkena bencana susulan. Karena di Tanjung Raya rata-rata rumah warga berada dekat dengan bukit.
“Perlu dicatat, kita sudah diperingatkan Kemendagri melalui BMKG bahwa hujan akan tetap berlangsung sampai April 2020. Tidak terkecuali Sumatera Barat,” tuturnya.
Untuk itu, ia mengharapkan jangan sampai bencana kembali terjadi dan menjatuhkan korban jiwa. Maka pihaknya meminta Bupati Agam, agar menentukan jarak bukit dengan rumah warga yang ditetapkan sebagai zona merah. Supaya dapat mengambil kebijakan untuk menghindari warga dari ancaman bencana.
Bupati Agam, Dr. H. Indra Catri mengucapkan terimakasih kepada Gubernur Sumbar dan rombongan, karena telah peduli kepada warganya yang tengah dilanda bencana. ia menyebutkan, bantuan yang diterima akan disalurkan kepada korban sesuai arahan gubernur.
“Semoga bantuan ini memberikan kekuatan kepada korban untuk lebih tabah dalam menghadapi bencana tersebut,” ujarnya berharap. (Bj Rahmat) 

Posting Komentar

0 Komentar