Kepala BP²MB PTP Ir Nurdan MSi Motivasi Petani Penangkar Bibit - CANANG NEWS

Breaking

Jumat, 15 November 2019

Kepala BP²MB PTP Ir Nurdan MSi Motivasi Petani Penangkar Bibit

Ir H Nurdan MSi selaku narasumber

PAINAN, CanangNews - Kepala Balai Pengawasan, Pengujian Mutu Benih dan Perlindungan Tanaman Perkebunan (BP²MB PTP) Provinsi Sumatra Barat, Ir H Nurdan MSi, menjadi narasumber utama pada Pelatihan Penangkar Bibit Unggul Tanaman Perkebunan, Jumat (15/112019).

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (DTPHP) Kabupaten Pesisir Selatan di Losmen Grandita - Painan, 14 - 15 November 2019.

Nurdan yang akrab dengan sapaan Dadang memulai pemaparannya dengan memperkenalkan lembaga yang dia pimpin, Unit Pelaksana Teknis (UPT) pada Dinas Pertanian Hortikultura dan Perkebunan (Distanhorbun), lengkap dengan personal serta tugas dan fungsinya.

Dengan motto "Satu benih sejuta harapan, satu hama penyakit sejuta kerugian", BP²MB PTP Sumbar, kata Dadang, memiliki visi "Terwujudnya penggunaan dan peredaran benih unggul dengan varietas, jumlah, mutu, waktu, lokasi dan harga yang tepat serta perlindungan tanaman untuk pembangunan agribisnis perkebunan yang efisien, produktif dan bersaing".

Untuk mencapai visi tersebut, lanjut dia, BP²MB PTP Sumbar memiliki empat misi. Pertama, meningkatkan pelaksanaan pengawasan produksi dan peredaran benih. Kedua, meningkatkan kemampuan daerah, swasta dan masyarakat dalam produksi sumber dan peredaran benih unggul bermutu.

Selanjutnya ketiga, mengoptimalkan dukungan penelitian dan pemuliaan dalam menghasilkan varietas unggul serta keempat, meningkatkan perlindungan tanaman perkebunan.

"Visi dan misi BP²MB PTP didukung oleh tugas pokok dan fungsi serta sasaran," ujar Dadang menguraikan secara gamblang serta memaparkan landasan hukum perbenihan perkebunan.

Pria kelahiran Bogor 21 Maret 1965 ini mengupas tuntas teknis penangkaran benih atau bibit unggul tanaman perkebunan serta memotivasi para peserta agar sukses dalam usaha mereka.

Sesi ini berakhir dengan tanya-jawab antara peserta dan narasumber. Dadang bahkan membuka peluang kepada semua peserta untuk mengajukan pertanyaan kapan pun dengan memberitahu nomor whatsapp miliknya serta kepala seksi terkait di BP²MB PTP.
  
Kepala Bidang Perkebunan DTPHP Liusman SSt Pi ketika membuka pelatihan 

Kegiatan pelatihan ini dibuka secara resmi oleh Kepala DTPHP Pesisir Selatan Ir Nuzirwan MT yang diwakili  Kepala Bidang Perkebunan DTPHP Liusman SSt Pi, Kamis (14/11/2019).

Menjawab pertanyaan wartawan, Liusman menjelaskan, kegiatan ini diikuti 25 peserta yang merupakan petani penangkar bibit unggul pada 3 kecamatan: Sutera, Batang Kapas dan Ranah Pesisir.

Narasumber hari pertama Liusman sendiri serta Afrizal, seorang petani penangkar bibit gambir di Tarusan. Peserta pelatihan, kata Liusman, merupakan para petani penangkar bibit unggul gambir, kelapa dan pala. (Zakirman Tanjung)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar