Prof.Hafrijal Syandri Katakan Budidaya Lele Kolam Terpal Menjanjikan


 Agam,Canangnews----Prof. Dr. Ir. Hafrijal Syandri, M.S menyebutkan, budidaya ikan lele dumbo dengan kolam terpal orchid semi bioflok, menjadi salah satu aktivitas budidaya ikan di lahan darat yang berpeluang menjadi mata pencaharian bagi masyarakat.
“Secara ekonomis, usaha budidaya lele sangat menguntungkan dan tidak membutuhkan perawatan terlalu rumit,” ujar Hafrijal Syandri saat menjadi narasumber pada pelatihan budidaya ikan di kolam semi bioflok, di Nagari Koto Kaciak, Kecamatan Tanjung Mutiara, Senin (7/10).
Namun menurutnya, kebutuhan pakan merupakan komponen biaya produksi terbesar dikarenakan harga yang mahal. Sehingga melalui teknologi bioflok mampu mengolah limbah dan meminimalkan limbah, sekaligus mendaur ulang limbah untuk dijadikan pupuk.
“Cara ini merupakan jalan keluar dalam menciptakan budidaya ikan yang ramah lingkungan, berkelanjutan, efisien dalam penggunaan air maupun pakan. Bahkan dapat meminimalisir limbah buangan budidaya, serta menjamin mutu dan keamanan hasil perikanan,” sebut Mantan Rektor Universitas Bung Hatta itu.
Dikatakan, banyak keuntungan yang didapat apabila budidaya ikan dengan sistem bioflok seperti, PH nya relatif stabil, hasil panen akan maksimal, memanfaatkan limbah tembak, tidak perlu sering ganti air, lebih ramah lingkungan dan padat tebar yang tinggi.
Tidak hanya itu, budidaya ikan dengan sistem bioflok memanfaatkan limbah organik untuk dijadikan pakan alami bagi ikan, dengan prosesnya membutuhkan bakteri yang diperoleh dari probiotik.
Probiotik merupakan mikroorganisme hidup non patogen yang diberikan kepada hewan untuk perbaikan laju pertumbuhan, efisiensi konsumsi ransum dan kesehatan.
“Probiotik bentuk pakan tambahan berupa sel mikroba hidup yang menguntungkan bagi hewan inangnya, melalui cara menyeimbangkan kondisi mikrobiologis hewan. Probiotik sering dipakai pada bidang perikanan dalam pakan dan campuran media air,” jelas Hafrijal Syandri.
Berdasarkan pengalaman di lapangan, Hafrijal Syandri menyebutkan dengan menggunakan probiotik pertumbuhan ikan menjadi lebih cepat, tingkat kematian ikan kecil, daging ikan lebih padat dan kualitas hasil panen jadi lebih baik. (rel/bjk)

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh Leontura. Diberdayakan oleh Blogger.