Kelengkapan DPRD Sumbar Telah Di Tetapkan,PKS Legowo Tak Dapat Ketua Komisi

0

Padang,Canangnews------Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Barat telah di tetapkan serta alat kelengkapan dewan juga telah ditetapkan. Penetapan tersebut dilakukan pada rapat paripurna dengan agenda pembentukan alat kelengkapan DPRD Sumbar periode 2019- 2024 di Gedung DPRD Sumbar, Jumat, (4/10/2019).
Sebelumnya empat pimpinan definitif resmi dilantik, nama-namanya berikut Posisi Ketua DPRD Sumbar dari Gerindra Supardi, Wakil Ketua DPRD Sumbar ditempati Irsyad Syafar dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Indra dt Rajo Lelo dari Partai Amanat Nasional (PAN), dan Suwirpen Suib dari Partai Demokrat.
Kurang lebih ada 19 kursi pimpinan alat kelengkapan dewan. Yakni lima kursi ketua, wakil ketua, dan sekretaris komisi. Sementara, untuk kursi pimpinan Badan Anggaran (Banggar) dan Badan Musyawarah (Banmus) merupakan ex-officio atau yang juga melekat di jabatan ketua dan wakil ketua DPRD Sumbar.
Lima Fraksi mendapatkan jatah tiga kursi sebagai ketua komisi minus PKS.
Sementara, partai pemilik suara terbanyak kedua yakni Gerindra mendapatkan jatah kursi satu ketua komisi yakni 5. Juga sekretaris komisi 2 dan 3.
Anggota DPRD Sumbar dari PKS, Budiman, menuturkan legowo dengan keputusan tersebut."Kami sih memang inginnya ketua di komisi. Tapi ini lah yang namanya kompromi dan realita politik," jelas Budiman.
Menurutnya, komposisi pimpinan komisi dan alat kelengkapan dewan lain sudah proporsional.Selain itu, kata dia, suhu politik saat ini lebih cair ketimbang periode sebelumnya 2014-2019.
Diketahui, Pembentukan komisi-komisi tersbut dituangkan dalam keputusan DPRD Sumbar nomor. 21/SB/Tahun 2019, demikian juga halnya dengan Banggar (23/SB/2019) Bamus (nomor 20/SB/2019)dan Bapemperda, yang dituangkan dalam keputusan nomor.22/SB/Tahu 2019, ditanda tangani ketua DPRD defenitif Supardi. (MK/*)
Komisi 1
Ketua: Samsul Bahri (PDI-P, PKB),
Sekretaris: H.M. Nurnas (Demokrat)
Komisi 2
Ketua: Arkadius (Demokrat)
Sekretaris: Nurkhalis (Gerindra).
Komisi 3
Ketua: Afrizal (Golkar)
Sekretaris: Ismunandi Syofyan (Gerindra).
Komisi 4
Ketua: Muhammad Ikhbal (PAN).
Sekretaris Lazuardi Herman (Golkar).
Komisi 5
Ketua: Muchlis Yusuf Abit (Gerindra)
Sekretaris: Syahrul Furqon (PAN).

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top