Warga Agam Waspada Hujan Deras Bakal Turun - CANANG NEWS

Breaking

Senin, 30 September 2019

Warga Agam Waspada Hujan Deras Bakal Turun


Agam,Canangnews----Beberapa titik wilayah di Kabupaten Agam bakal  diguyur hujan deras sejak, Senin (30/9) sore. Namun pantauan Badan Penganggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat, kondisi di lapangan masih aman dan terkendali.
Menurut Kalaksa BPBD Kabupaten Agam, Mhd. Luhtfi AR, saat ini memasuki musim penghujan, dan masyarakat diminta untuk meningkatkan kewaspadaan dengan tidak membuang sampah sembarangan, supaya aliran air tidak tersumbat yang dapat menimbulkan banjir.
“Pantauan tim di lapangan, hujan hanya mengguyur beberapa wilayah di Agam. Tapi kita minta masyarakat selalu waspada dengan kondisi sekarang,” ujarnya.
Seperti diketahui, Kabupaten Agam sejak beberapa waktu belakangan dilanda musim kemarau dan membuat tanah menjadi kering. Apabila hujan turun, besar kemungkinan akan terjadi pergerakan tanah yang dapat menimbulkan tanah longsor.
“Untuk itu kita minta Kelompok Siaga Bencana (KSB) terus memonitor perkembangan di lapangan, apapun kondisinya tetap memberikan informasi kepada BPBD Agam,” tegasnya.
Dikatakan Luhtfi, jelang magrib hujan di Lubuk Basung sudah mulai reda, tapi cuaca masih mendung.Di samping itu, timnya juga sudah siaga dengan kondisi saat ini, baik personil maupun peralatan. Apabila mendapatkan informasi bencana, personil langsung terjun ke lapangan dengan peralatan lengkap.
“Tapi kita mengharapkan tidak terjadi apa-apa, karena sebelumnya sudah mengantisipasi tanah longsor serta pohon tumbang dengan cara pemangkasan dan penebangan,” jelasnya. (rel/bj)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar